Kok, Pengurus Masjid di Bekasi Larang Jemaah Pakai Masker, Perdebatan Terekam Video, Polisi Sampai Turun Tangan

Nyedulur
  • 15 hari yang lalu
  • arief

Sumber Foto: IST.

Protokol kesehatan wajib dipatuhi di tengah pandemi Covid-19 ini. Hampir semua intitusi, minimal, mewajibkan penggunaan masker. Langkah ini sebagai antisipasi menyebarnya virus corona.

Bahkan saat beribadah di masjid juga wajib mengenakan masker. Namun yang terjadi di sebuah masjid di Bekasi tidak demikian.

Mengutip Kumparan, pengurus masjid bersitegang dengan jemaah karena urusan masker. Kali ini, pengurus justru melarang jemaah memakai masker. Sementara ketegangan itu sempat terekam video amatir dan beredar di media sosial.

Peristiwa ini diketahui terjadi di Masjid Al-Amanah, Medan Satria, Kota Bekasi. Polisi akhirnya turun tangan untuk menangani masalah ini.

Kapolsek Medan Satria, Kompol Agus Rahmat, menduga peristiwa ini bukan yang pertama. Sempat ada perbaikan dari pengurus masjid. Tapi, ternyata peristiwa serupa terjadi lagi.

“Waktu itu sudah ada perubahan, kemarin ada kejadian ini saya kaget juga dan pada saat itu saya langsung tegur,” kata Agus, Senin 3 Mei 2021.

Saat itu juga Agus langsung memanggil kedua belah pihak. Pengurus masjid dan jemaah bernama Roni Octavianto akhirnya sepakat untuk berdamai.

“Saya mediasi kedua belah pihak," tambah Agus.

Belum lama ini beredar video berdurasi 2 menit 22 detik di media sosial. Dalam video, telihat ada seorang jemaah pria memakai masker sedang duduk dan akan melaksanakan salat di dalam sebuah masjid.

Tidak lama setelah itu, pria itu dihampiri beberapa orang yang diduga pengurus masjid. Mereka keberatan karena pria itu memakai masker.

Para pengurus masjid meminta agar pria itu melepas maskernya. Tetapi pria itu menolak karena mengikuti aturan pemerintah.

“Jangan pakai masker, jadi kita enggak ada perbedaan antara masjid dengan pasar,” kata salah seorang pengurus masjid itu.

Bahkan pria yang diduga pengurus masjid menyinggung surat Al-Imran ayat 96. Dia berkukuh meminta pria itu melepas maskernya.

Artikel Lainnya