Kesal dengan Uban, Lakukan Hal Ini untuk Cegah Muncul Kembali

Nyedulur
  • 6 bulan yang lalu
  • arief

Sumber Foto: Merdeka.

Seiring bertambahnya usia, munculnya uban adalah hal yang wajar. Tapi jangan khawatir. Banyak yang menganggap munculnya uban sebagai simbol sebuah kebijaksanaan. Tapi bisa jadi sebuah sindiran, pengingat usia. Tuwir alias sudah tua!

Uban atau rambut putih sering muncul sebelum waktunya. Hal itu lantaran faktor genetik dan gaya hidup seseorang yang berbeda-beda.

Seperti dilansir dari Tempo, uban yang muncul akibat faktor genetik atau usia memang tidak bisa dicegah. Namun, jika disebabkan oleh faktor gaya hidup, ada banyak cara untuk mencegah timbul kembali. Seperti berikut ini

Cukupi kebutuhan vitamin dan mineral. Ketahuilah bahwa kekurangan vitamin seperti B12, biotin (B7), D, E, dan A, dapat memicu munculnya uban.

Nutrisi lain yang mempengaruhi kemunculan uban adalah zinc, zat besi, magnesium, selenium dan tembaga. Salah satu penyebab munculnya uban di usia muda adalah stres oksidatif.

Stres ini bisa dicegah dengan mengonsumsi banyak asupan yang mengandung antioksidan, seperti buah-buahan dan sayuran segar, teh hijau, minyak zaitun, hingga ikan.

Tak hanya itu, beberapa produk kecantikan dipercaya dapat merusak rambut dan membuatnya rentan terhadap uban. Misalnya pemutih rambut, pengering rambut, atau terlalu sering menggunakan sampo yang mengandung banyak bahan kimia.

Kebiasaan buruk ini dapat merusak dan menyusutkan folikel rambut. Bisa juga menyebabkan rambut kehilangan pigmen sehingga uban bisa muncul sebelum waktunya.

Jadi, batasi penggunaan produk rambut. Pakailah produk herbal atau natural.

Artikel Lainnya