Kerennya Main Kano di Danau Terdalam se Asia Tenggara, Matano Bisa Manjakan Wisatawan

Nyedulur
  • 13 hari yang lalu
  • arief

Sumber Foto: Flickr.

Objek wisata yang dimiliki Indonesia sangat luar biasa. Cukup banyak potensi wisata yang menjadi bagian peninggalan masa lalu. Salah satunya adalah Danau Matano, yang terletak di pegunungan Verbek, Sorowako, Luwu Timur, Sulawesi Selatan.

Konon danau ini memiliki peninggalan bersejarah. Sebut saja goa di dasar danau. Kemudian benda-benda peninggalan bersejarah yang meliputi piring, tombak, parang, mangkuk yang terbuat dari kuningan. Termasuk tengkorak manusia yang diduga berumur ratusan tahun.

Danau Matano juga menjadi rumah bagi sejumlah fauna eksotis. Beberapa fauna merupakan hewan langka yang hanya ada di danau ini, yakni ikan butini (glossogobius matanensis). Warga setempat menyebutnya sebagai ikan purba.

Fauna lain yang bisa dijumpai adalah kepiting bungka (paratelphusa) dan keong air tawar (brotia).

Well, Danau Matano merupakan danau terdalam di Asia Tenggara. Kedalamannya mencapai 590 meter. Kedalaman itu menempatkan Matano masuk sepuluh besar danau terdalam di dunia.

Kita beranjak ke pesona wisatanya sajalah. Cukup banyak pesona yang bisa dinikmati, seperti enam gua yang berada di sekitar danau. Gua tersebut bahkan tembus langsung ke Danau Matano.

Sebagai catatan, selain menjadi danau terdalam di Asia Tengara, danau ini memiliki luas sekitar 16.000 hektare, dengan panjang mencapai 28 km dan lebar 8 km.

Wisatawan juga bisa menikmati wisata air yang meliputi kano, rafting hingga snorkling. Termasuk menikmati bawah danau yang airnya cukup jernih. Jangan lupa, di tengah danau terdapat pulau yang bisa ditempuh dengan perahu motor. Main kayak atau kano hingga ke tengah juga boleh. Kalau kuat, sih.

Omong-omong soal wisata air, ada nih kano maupun kayak yang bisa digunakan untuk berwisata. Bukan sekadar memancing ikan, tapi bisa menikmati kegiatan bahari. Kano maupun kayak bisa didapat di tokomarine.co.id. Harganya terjangkau, gaes.

Artikel Lainnya