Keren, Tampah di AS Harganya Bisa Tembus Jutaan Rupiah, Padahal Kerap Berserakan dan Tak Bernilai

Nyedulur
  • 25 hari yang lalu
  • arief

Sumber Foto: Detik.

Mudah menjumpai tampah di beberapa desa di Indonesia. Alat yang terbuat dari kulit bambu ini banyak digunakan untuk pekerjaan rumah tangga. Misalnya membersihkan beras dari kutu, menjemur kerupuk, jagung, hingga nasi kering.

Di era modern ini, tampah bisa digunakan sebagai sarana menyajikan tumpeng, jajan pasar, aneka kue basah tradisional, hingga suguhan untuk beberapa acara di kantor pemerintahan.

Bentuk tampah bulat lebar dan pipih di bagian sisinya. Bahannya terbuat dari belahan atau kulit bambu yang dianyam dengan ukuran bervariasi.

Mengutip GNFI, umumnya tampah memiliki diameter 65-80 cm. Tapi tidak jarang ditemui tampah dengan ukuran lebih kecil atau justru lebih besar. Itu tergantung kebutuhan, sih.

Well, tampah memiliki filosofi yang cukup tinggi bagi budaya Jawa. Tampah berasal dari bahasa Jawa ‘tampa’ yang berarti menerima. Sementara masyarakat Sunda menyebutnya sebagai Nyiru.

Tapi ada yang tahu nggak bila tampah bukan sekadar kerajinan. Tampah telah menyita perhatian jagat maya di Indonesia. Sempat menjadi bahan pembicaraan warganet, gaes!

Salah satu sorotan warganet adalah harga tampah di Amerika Serikat. Harganya bisa mencapai jutaan. Gila!

Di Negeri Paman Sam peralatan rumah tangga ini dijual sebagai karya seni dengan harga fantastis. Padahal di Indonesia harganya murah, malahan mudah dijumpai dalam kondisi rusak dan tak terurus.

Pottery Barn, perusahaan furniture yang berbasis di San Francisco, AS menamai tampah dengan sebutan ‘Bamboo Wall Art’. Pemberian nama itu berdasarkan detail yang tercantum di situs marketplace online mereka yaitu Potterybarn.com.

Di mana tampah dengan diameter 42 cm diperuntukkan sebagai dekorasi atau hiasan dinding dan dideskripsikan sebagai seni anyaman yang mengesankan.

Padahal di dalam negeri, tampah hanya dijula tidak lebih dari Rp20 ribu. Sementara perusahaan furniture AS tersebut malah menjual tampah seharga USD299 atau sekitar Rp4,2 juta! Sangat bertolak belakang.

Artikel Lainnya