Keren, Stadion GBT Makin Terang Benderang, Kekuatan Cahaya Lampu Capai 2.850 Lux

Nyedulur
  • 4 bulan yang lalu
  • arief

Sumber Foto: Pemkot Surabaya.

Pemkot Surabaya mempercantik Stadion Gelora Bung Tomo. Stadion kebangaan arek-arek Suroboyo itu terus dipercantik. Harapannya agar stadion ini bisa digunakan untuk hajatan olahraga internasional.

Sejatinya stadion ini bersolek untuk menyongsong Piala Dunia U-20 tahun ini. Saying AFC menunda pelaksanaan sampai penanganan Covid-19 benar-benar clear. Bersih dari wabah. Tapi entah, kapan.

Dikutip dari Jatimnet, Gelora Bung Tomo (GBT) melakukan uji kelayakan lampu, Kamis 21 Januari 2021 malam.

Satu persatu titik yang sudah diberi tanda diuji kelayakannya melalui alat bernama Lux Meter. Mulai dari depan gate 2, hingga berjalan mengelilingi lapangan.

Pada kesempatan itu, Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman, Cipta Karya dan Tata Ruang (DPRKP-CKTR) bersama tim ahli dari ITS memantau uji kelayakan lampu sesuai standar FIFA.

Tim Ahli dari ITS, Samsul Anam mengatakan, sebenarnya pada 24 Desember 2020 lalu sudah dilakukan pengecekan. Sedangkan pengukuran kali ini dilakukan untuk mengecek Kembali, apakah pencahayaan stadion sudah sesuai dengan standar yang ditentukan.

“24 Desember lalu sudah dilakukan pengecekan. Hari ini (Kamis 21 Januari) mengecek Kembali, kebetulan saat itu ada sedikit penambahan. Dan ini sekarang sudah clear,” kata Samsul Anam.

Berdasarkan hasil pantauan, pencahayaan stadion GBT sudah melebihi kapasitas FIFA yaitu 2 ribu lux. Sementara Pemkot Surabaya sudah memberi target khusus yakni 2.400 lux.

Pada Desember 2020, pencahayaan mencapai 2.700 lux. Namun setelah ada penambahan dan sedikit revisi, penerangan di Stadion GBT sudah mencapai 2.850 lux. Bersinar terang, rek.

Artikel Lainnya