nyedulur.com

Keren, Photogram Hadirkan Alice Camera, Padukan Teknik Fotografi Smartphone dan Mirrorles dalam Genggaman

Nyedulur
  • 17 hari yang lalu
  • arief

Sumber Foto: DP Review.

Mendengar Alice Camera masih asing di telinga. Memang benar, kamera ini belum begitu populer di kalangan pecinta fotografi. Maklum kamera ini diproduksi oleh perusahaan rintisan, Photogram.

Startup tersebut berambisi menggabungkan teknik fotografi dari smartphone maupun mirrorless. Maklum cara penggunaan dan kelebihan fotografi dari dua perangkat ini sangat berbeda. Punya plus dan minusnya.

Alice Camera dibekali MFT atau Micro Four Thirds. Penggunaan MFT di sini berfungsi untuk dipasangkan dengan beberapa lensa buatan pabrikan lain. Misal Olympus, Panasonic, Voigtlander, Sigma, atau lensa lainnya dengan bantuan adaptor.

Mengutip DP Review, MFT yang dipasang memiliki resolusi 10,7 MP. Jelas lebih kecil jika dibandingkan dengan kamera mirrorless pada umumnya. Bisa jadi kamera smartphone Anda lebih gede resolusinya.

Sadar nggak, jika kamera ini dibekali algoritma berbasis AI. Fungsinya mengoptimalkan gambar yang tidak kalah dengan kamera smartphone.

Hal yang cukup mengagumkan, kamera ini punya pemotretan manual. Cocok bagi fotografer berpengalaman, yang paham dengan sistem operasi manual.

Bagi yang terbiasa dengan kamera smartphone, Alice sedikit mengecewakan. Masalahnya tidak ada layar di belakang bodi. Sebagai gantinya, Photogram menghubungkan kamera ini dengan smartphone.

pada bagian belakang ada penjepit untuk mengaitkan smartphone, kemudian dioperasikan melalui aplikasi. Tapi ada satu yang menggemberikan. Pengguna bisa menambahkan fitur, lantaran Alice open-source fitur.

Bagi yang minat sabar dulu. Alice Camera masih sebatas prototipe dan sudah bisa dipesan melalui situs crowdfunding Indiegogo, dengan banderol Rp11,6 juta.

Artikel Lainnya