Keren, Nelayan Temukan Lobster Pisang, Warnanya Cantik, Intip Yuk

Nyedulur
  • 2 bulan yang lalu
  • arief

Sumber Foto: CNN.com.

Lobster merupakan salah satu seafood yang paling disukai pecinta makanan laut. Binatang ini memiliki daging yang tebal, lembut dengan rasa yang gurih. Terlebih jika juru masaknya pintar mengolah, akan terasa jauh lebih gurih.

Pada dasarnya lobster memiliki warna abu-abu tua dan sedikit hitam. Ada pula yang warnanya hitam kebiru-biruan. Menurut penelitian, warna kulit yang cantik itu disebabkan pigmen pada kulit karena jumlah protein yang dihasilkan lobster. Nah, bagaimana bila ada lobster di luar warna itu? 

Baru-baru ini seorang nelayan, Marley Babb, menemukan lobster dengan warna yang aneh. Kuning. Dia menemukan lobster itu di Teluk Maine, Samudera Hindia, Amerika Utara.

Penemuan itu membuat Babb menghubungi Departemen Riset Kelautan Maine (DMR). Dia bermaksud menawarkan untuk menampung lobster itu sebagai bahan penelitian.

Mengutip Kumparan, Babb harus menempuh dua jam perjalanan dari lokasi penemuan di Pelabuhan Tenant untuk mengantar lobster ke Sekolah Program Kelautan dan Lingkungan.

Lobster tersebut kemudian didonasikan kepada tim ilmuwan di University of New England (UNE) pada Rabu 3 Februari 2021 untuk diteliti. Tim peneliti memberi nama hewan langka tersebut dengan panggilan Banana (pisang).

Lalu sebenarnya, bagaimana lobster Banana bisa memiliki warna tubuh yang berbeda dari lobster pada umumnya? Warna kuning berasal dari pigmen di cangkang lobster.

Kemungkinan, warna kuning ini hanya terjadi pada satu dari 30 juta lobster, menurut Lobster Institute di University of Maine.

“UNE telah membina hubungan yang kuat dengan para nelayan lobster dan Maine DMR (Departemen Riset Kelautan),” kata Charles Tilburg, direktur Sekolah Program Kelautan dan Lingkungan dalam sebuah pernyataan.

Artikel Lainnya