Keren, Gresik Punya Pemandian Khusus Hijaber, Tahu Nggak Lokasinya? Dulu Tempat Pembuangan Sampah!

Nyedulur
  • 15 hari yang lalu
  • arief

Sumber Foto: Tribunnews.

Gresik dikenal sebagai salah satu kota religi di Jawa Timur. Ini bisa dilihat dari temuan makam dua Wali Songo yang masing-masing Syekh Maulana Malik Ibrahim dan Sunan Giri.

Temuan makam dua penyebar Islam ini menuatkan Gresik sebagai salah satu pintu masuknya Islam di Jawa Timur. Itu sebabnya banyak tradisi yang telah menjadi wisata religi di Kota Pudak itu.

Nah omong-omong wisata religi di Gresik, ada kolam renang khusus untuk ukhti-ukhti. Yakni kolam renang yang diperuntukkan bagi hijaber. Tempatnya keren.

Mengutip GNFI, lokasi wisata tersebut bernama Setigi. Adapun nama Setigi dicomot dari tiga unsur, yakni selo, tirto, dan giri. Lokasinya berada di Desa Sekapuk, Kecamatan Ujungpangkah.

Nah di dalam kompleks tersebut terdapat pemandian syariah, khusus untuk wanita berhijab. Kolam renang ini untuk memfasilitasi wanita berhijab.

Bahkan pihak pengelola mengklaim sebagai pemandian khusus untuk hijaber pertama di Indonesia. Kepala Desa Sekapuk Abdul Halim menjelaskan penyediaan fasilitas ini sebagai ikhtiar mendorong perekonomian di tengah pandemi Covid-19 melalui wisata.

“Kami luncurkan wahana wisata pemandian hijaber. Harapannya ke depan Wisata Setigi juga menjadi wisata dakwah dengan menghadirkan pemandian syariah. Hanya perempuan berhijab yang bisa menikmati pemandian hijaber,” kata Abdul Halim, mengutip GNFI, Sabtu 5 Juni 2021.

Hal yang tidak kalah penting adalah lokasi Setigi. Sebelum menjadi tempat wisata, lokasi Setigi berupa perbukitan kapur. Itu sebabnya tempat ini menjadi penambangan batu kapur.

Sayangnya tempat ini dijadikan tempat pembuangan sampah sejak 2003. Baru pada 2018 tempat tersebut mulai dibersihkan dan dibangun menjadi tempat wisata.

Pemandangan utama di Setigi yang nampak begitu jelas adalah barisan bukit kapur yang menjulang sekitar tiga kilometer.

Tak hanya gunung kapur bekas tambang, banyak objek lain yang bisa ditemukan di Setigi. Misalnya, jembatan peradaban yang arsitekturnya bernuansa barat, replika bangunan masjid bergaya Persia, dan bangunan Candi Topeng Nusantara.

Di sana juga ada kolam renang, goa emas, taman desa, danau buatan, rumah Honai Papua, wahana air, permainan ATV, dinding topeng, hingga area perkemahan. Menyoal spot untuk foto-foto, tentunya sangat beragam. Wisatawan bisa puas berfoto di setiap sudut Setigi!

Di Setigi juga nantinya akan dibangun wahana bernama Bukan Kapal Nuh (BKN), sebagai edukasi kepada masyarakat. Selain itu, ke depannya juga akan dibuat penginapan. Keren, kan!

Artikel Lainnya