nyedulur.com

Keren, Ducati Kenalkan Smart Jacket, Dilengkapi Airbag dan Algoritma Keamanan

Nyedulur
  • 8 hari yang lalu
  • arief

Keamanan dan keselamatan berkendara saat ini semakin meningkat. Setidaknya sejumlah perlengkapan berkendara yang meliputi helm, jaket, kacamata maupun sepatu telah mengedepankan standar keamanan tinggi.

Hal ini pula yang mendorong Ducati memproduksi jaket yang memiliki standar keamanan tinggi. Jaket tersebut diberi nama Ducati smart jacket atau Jaket Cerdas.

Disebut jaket cerdas lantaran memiliki airbag yang dilapisi microfilament. Fungsinya untuk meredam benturan di bagian dada dan punggung saat terjadi kecelakaan, hataman atau saat terjatuh.

Mengutip laman resmi Ducati, microfilament ini setara dengan pelindung punggung tujuh lapisan. Namun airbag atau kantung udara di bagian punggung tidak membuat pengguna gerah atau terbebani.

Menariknya, smart jacket ini telah dilengkapi dengan algoritma untuk mengontrol aktivasi jaket pada saat terjadi benturan, gesekan atau jatuh. Bahkan algoritma tetap memantau saat pengguna berhenti di perempatan atau memarkir motor.

Terdapat tujuh sensor yang bisa memantau dan mengolah data seribu kali per detik. Jaket ini juga dilengkapi LED yang terpasang di dada dengan warga merah, kuning, hijau, dna biru.

Oh iya. Ducati tidak sendiri mengembangkan smart jacket miliknya. Perusahaan otomotif raksasa asal Italia itu menggandeng Dainese, yakni perusahaan perlengkapan bersepeda motor.

Smart jacket ini tersemat baterai yang bisa bertahan selama 26 jam. Jaket ini memiliki unit control yang secara otomatis bisa memberi tahu saat mengembang, membungkus pengendara dan mencegah dari cedera serius.

Sejauh ini Ducati sengaja tidak mengumumkan harga jual jaket pintarnya. Namun produk ini sudah tersedia di laman resminya. Apabila Anda berminat, cukup melakukan registrasi dan ikuti petunjuknya.

Artikel Lainnya