Keren Banget Taman Nasional Kerinci, Paket Wisatanya Lengkap, Mulai dari Danau Sampai Air Terjun

Nyedulur
  • 3 hari yang lalu
  • arief

Sumber Foto: Tempat Wisata.

Tak salah Unesco menetapkan Taman Nasional Kerinci sebagai Situs Warisan Dunia. Keindahan alam yang ada di Kabupaten Kerinci, Provinsi Jambi itu memiliki objek wisata yang lengkap.

Setidaknya di Taman Nasional Kerinci terdapat 12 destinasi wisata. Salah satu yang paling menonjol dan cukup populer adalah Danau Kerinci. Danau ini memiliki sejarah panjang, baik dari sisi geologi maupun cerita rakyat.

Berdasarkan penelitian para ahli geologi, terbentuknya Danau Kerinci akibat letusan gunung berapi di masa lalu. Selanjutnya Kerinci ini disebut sebagai danau vulkanik.

Tak kalah seru adalah cerita bertutur. Konon danau ini terbentuk berkat kakak-beradik, Calungga dan Calupat. Calungga sang kakak berwatak pemberani, kasar dan sakti. Sedangkan sang adik, Calupat lebih kalem, bijaksana dan pandai.

Danau Kerinci merupakan danau terbesar kedua di Sumatra setelah Toba. Luas Danau Kerinci mencapai 4.200 hektar dengan kedalaman 110 meter.

Jernihnya air di danau ini memberi peran penting bagi masyarakat Kerinci. Airnya dimanfaatkan sebagai air minum, selain dijadikan tempat mengais rezeki.

Mayoritas masyarakat di Kerinci berprofesi sebagai nelayan. Ini bisa dilihat dari produksi ikan yang mencapai 700 ton. Sementara salah satu makanan paling tersohor adalah gulai ikan semah yang terkenal lezat.

Lalu apa saja yang bisa dinikmati wisatawan di Danau Kerinci?

Wisatawan bisa berenang di tepi danau. Ingat, jangan berenang terlalu ke tengah! Kedalaman danau mencapai seratus meter lebih. Atau bisa menyewa perahu motor untuk keliling danau.

Selain itu, wisatawan juga bisa memancing. Bila malam tiba bisa menyaksikan keunikan warga setempat yang mencari ikan pada malam hari. Bahkan mereka mencari ikan secara tradisional, menyelam, dan tanpa alat bantu pernapasan.

Untuk mendongkrak wisatawan, pemerintah setempat menggelar Festival Masyarakat Peduli Danau Kerinci. Festival ini telah terselenggara sejak tahun 1999.

Oh iya, untuk menikmati keindahan panorama Danau Kerinci bisa dengan kano, kayak, atau speed boat. Sebab Taman Nasional Kerinci memiliki paket wisata lainnya. Sebut saja Air Terjun Telun Berasap, Air Terjun Talang Kemulun, Danau Gunung Tujuh, Danau Kaco hingga perkebunan teh Kayu Aro.

Nah, untuk mendapatkan informasi soal kano, kayak dan speedboat bisa menghubungi PT Anugerah Atlantik, yang berpengalaman di bidang jasa konsultasi dan pemasangan infrastruktur bahari, dengan mengunjungi website atau di Ruko Valencia Blok AC Nomor 08, Kelurahan Gemurung, Kecamatan Gedangan, Sidoarjo, Jawa Timur, 61254, dengan nomor WA 0853-3102-0515.

Artikel Lainnya