nyedulur.com

Kenapa Indonesia Ngotot Tuan Rumah Olimpiade 2032? Jokowi: Bukan untuk Gagah-gagahan

Kompas
  • 4 bulan yang lalu
  • arief

Indonesia telah sukses menjadi tuan rumah Asian Games di Jakarta dan Palembang 2018 lalu. Momentum itu bakal dilanjutkan Pemerintah RI dengan menggelar ajang serupa. Tapi lebih tinggi. Apa itu?

Presiden Joko Widodo menegaskan bahwa Indonesia telah mengajukan diri menjadi tuan rumah olimpiade pada 2032. Usulan itu telah disampaikan Jokowi pada 2018 silam.

Menurut Presiden ketujuh RI itu bahwa menjadi tuan rumah olimpiade bukan ajang "gagah-gagahan". Menjadi tuan rumah olimpiade demi menaikkan citra bangsa.

"Bahwa untuk menjadi tuan rumah olimpiade ini bukan sesuatu untuk gagah-gagahan, tapi salah satu cara untuk meningkatkan citra dan martabat bangsa," kata Jokowi dikutip dari Kompas, saat membuka rapat terbatas di Istana Merdeka, Jakarta, Rabu 4 November 2020.

Tidak gampang bagi Indonesia menjadi tuan rumah olimpiade. Salah satunya catatan sejarah prestasi Indonesia di olimpiade yang kurang bersinar. Begitu juga dengan infrastruktur maupun pengalaman menggelar ajang empat tahunan itu.

Sementara untuk menjadi tuan rumah Olimpiade 2032 Indonesia harus bersaing dengan sejumlah negara. Sebut saja Australia, Jerman, unifikasi Korea, Qatar, Cina dan India.

Terlebih International Olympic Committee (IOC) telah menetapkan norma baru terkait penyelenggaraan Olimpiade 2032. Salah satunya tuan rumah diminta lebih sederhana dan hemat biaya.

Kalau soal alasan ini kemungkinan Indonesia akan sanggup. Berikut pernyataan presiden dan IOC.

Artikel Lainnya