Kenali Vitamin K, Ini Daftar Makanan, Mudah Dijumpai dan Kenali Manfaatnya

Nyedulur
  • 3 bulan yang lalu
  • arief

Sumber Foto: Grid.id.

Sebagian makanan dan buah mengandung berbagai manfaat untuk kesehatan. Hal itu diperoleh dari vitamin, kalium maupun serat yang ada dalam buah tersebut.

Salah satunya adalah vitamin K yang larut dalam lemak. Vitamin ini berfungsi untuk membantu proses pembekuan darah atau jika mengalami luka yang serius, vitamin K dapat mencegah pendarahan hebat.

Mengutip Liputan6, jika seseorang kekurangan vitamin K, dapat terkena osteoporosis dan penyakit jantung. Dampak lain bisa timbul sejumlah kondisi, seperti mudah memar dan luka sulit sembuh.

Oleh karena itu, Anda harus tahu apa saja sih makanan yang mengadung vitamin K.

Sayur kale mengandung 565 mcg vitamin K dalam per ½ gelas. Kale merupakan salah satu contoh makanan yang mengandung vitamin K yang bisa dijadikan salah satu menu untuk memenuhi kebutuhan vitamin harian Anda.

Selain itu, kale adalah raja vitamin K, karena kaya kalsium, kalium, dan folat, di antara vitamin dan mineral lainnya. Bentuk vitamin K dalam kale adalah K1.

K1 bisa membantu mencegah penyakit jantung dan osteoporosis. Banyak antioksidan kuat yang ada dalam kale. Termasuk quercetin dan kaempferol, yang memiliki banyak efek menguntungkan bagi kesehatan.

Contoh makanan yang mengandung vitamin K lainnya adalah bayam, yang mengandung vitamin K 444 mcg per ½ gelas. Bayam merupakan salah satu sayuran hijau yang memiliki banyak nutrisi. Di antaranya vitamin A, B dan E, ditambah magnesium, folat, dan zat besi.

Setengah cangkir bayam yang sudah dimasak mengandung sekitar tiga kali lebih banyak vitamin K daripada secangkir bayam mentah. Tetapi satu porsi mentah juga cukup untuk memenuhi asupan harian.

Bayam memiliki banyak senyawa tanaman yang dapat meningkatkan kesehatan, seperti lutein, kaempferol, nitrat, quercetin, dan zeaxanthin. Bayam dapat mengurangi stres oksidatif, meningkatkan kesehatan mata, melawan kanker, dan mengatur tekanan darah.

Ada banyak jenis makanan yang bisa diolah dengan bahan dasar brokoli. Selain dapat menambah selera makan, brokoli juga menyimpan banyak manfaat untuk kesehatan. Sayur brokoli mengandung 110 mcg per ½ gelas.

Brokoli mengandung banyak vitamin dan mineral, termasuk folat, kalium, mangan, zat besi, dan vitamin C dan K1. Brokoli juga rendah karbohidrat yang mudah dicerna, dan memiliki serat yang layak.

Artikel Lainnya