Kenali Perbedaan dan Asal Pecel Khas Jawa Timur, Suka yang Pedas atau Manis?

Nyedulur
  • 3 bulan yang lalu
  • arief

Sumber Foto: IDN Times.

Nasi pecel cukup populer di Jawa Timur. Untuk yang tinggal di Surabaya, tidak sulit untuk mencari nasi pecel yang memiliki ciri khas daerah tertentu. Semua bisa disesuaikan dengan selera masing-masing.

Semisal pecel Madiun, Ponorogo, Kediri maupun Blitar. Memang sulit untuk bisa menebak dari asal daerah tersebut.

Tentu tidak mudah membedakan antara pecel Kediri dan Blitar. Sementara dua kota ini bertetangga. Hanya terpisah sungai. Begitu juga dengan perbedaan Madiun dan Ponorogo.

Perbedaan ketiganya telah dirangkum dari berbagai sumber. Sebetulnya cukup mudah untuk mengenali pecel Kediri. Umumnya pecel asal Kediri umumnya bumbu kacang lebih pedas dengan tekstur yang lebih halus.

Dari sayurnya mudah dikenali. Pecel khas Kediri selalu dilengkapi dengan kembang turi, yang dikukus setengah matang. Satu lagi adalah sambal tumpang.

Sambal ini terbuat dari tempe yang dikukus kemudian dilembutkan agak kasar. Kemudian dimasak dengan santan, sedikit cabai, ditambah bumbu rempah lain. Sambal tumpang tidak segarang namanya. Tidak pedas dan cenderung gurih.

Berbeda dengan pecel asal Blitar. Bumbu kacang sedikit agak kasar dengan warna sedikit lebih merah. Ini disebabkan cabai merah besar yang diuleg bersamaan dengan kacang.

Sementara tingkat kepedasannya tidak setinggi pecel Kediri. Tapi tingkat kehalusan bumbu kacangnya kurang lebih sama dengan Kediri. Hanya sedikit terlihat lebih berminyak.

Untuk pecel Madiun dan Ponorogo tidak jauh berbeda. tapi jelas berbeda dengan pecel asal Kediri maupun Blitar. Bumbu kacang dari Madiun atau Ponorogo, sama-sama sedikit manis dibanding Kediri ataupun Blitar. Selain itu, bumbu pecel Madiun sedikit lebih kasar.

Satu lagi ciri khas pecel Madiun adalah pecel tumpuk dan pecel kepleh. Kedua makanan ini nyaris jarang dijumpai di Madiun maupun Ponorogo. Sebetulnya pecel apa itu?

Pecel tumpuk adalah nasi putih ditumpuk pecel, kemudian diberi nasi dan ditumpuk lagi dengan pecel. Sedangkan pecel kepleh nasi pecel khas Madiun dengan lauk tempe digoreng setengah matang. Uniknya tempenya tidak kaku. Pecel Madiun atau Ponorogo disajikan dengan daun pisang yang dipincuk. Selamat memilih.

Artikel Lainnya