Kenali Gejala dan Faktor Penyebab Fobia, Mulut Kering dan Terasa Tercekik Bisa Jadi Penyebab

Nyedulur
  • 4 bulan yang lalu
  • arief

Sumber Foto: Shutterstock.

Setiap orang memiliki rasa takut atau kekhawatiran terhadap sesuatu hal. Apa jadinya jika rasa takut tersebut mengakibatkan kecemasan luar biasa dan dapat menganggu kehidupan. Bisa-bisa mengalami anxiety.

Tenang, belum mengarah ke anxiety. Masih batasan fobia. Fobia merupakan ketakutan atau kecemasan berlebihan. Adapun penyebab fobia ada dua jenis.

Fobia spesifik merupakan fobia terhadap objek, hewan, situasi, hingga aktivitas yang spesifik. Biasanya fobia ini muncul di masa anak-anak atau remaja.

Jika Anda memiliki rasa ketakutan di depan orang banyak seperti tiba-tiba tidak dapat berbicara atau takut akan suatu tempat, bisa jadi terkena Fobia Kompleks. Biasanya fobia ini berkembang pada masa dewasa.

Selain itu, fobia juga dapat dipicu oleh beberapa faktor. Misalnya insiden atau trauma yang menyeramkan.

Dari pengalaman itu, seseorang mempelajari bahwa ada hal buruk, menakutkan, dan sebagainya. Kondisi ini membuat seseorang tidak ingin menemui pengalaman serupa di kemudian hari.

Mengalami tekanan atau stress dalam jangka waktu panjang juga dapat menurunkan seseorang untuk mangatasi ketakutan yang muncul pada situasi atau kondisi tertentu,

Tak hanya itu, bagi orang tua yang terlalu over protective juga harus hati-hati. Situasi ini bisa membuat anak terkena fobia.

Akan tetapi Anda juga harus tahu jika fobia tidak hanya memunculkan gejala seperti rasa takut atau kecemas yang berlebihan. Sesak nafas, mual, dada terasa nyeri, jantung terasa berdebar-debar juga dapat menjadi gejala fobia.

Selain itu, kebingungan, pusing atau sakit kepala, mual, leher terasa tercekik, sulit berbicara dengan jelas, tubuh gemetar dan berkeringat, teling berdenging, mulut terasa kering, menangis, dan takut ditinggal sendirian itu juga termasuk gejala dari fobia.

Artikel Lainnya