Kemenhub Bebaskan Mudik Lebaran, Kok Satgas Covid Melarang, Doni Monardo: Jangan Percepat Kematian!

Nyedulur
  • 2 bulan yang lalu
  • arief

Sumber Foto: Fajar/Jawa Pos.

Beberapa waktu lalu Kementerian Perhubungan memberi kebebasan warga untuk mudik Lebaran. Kelonggaran itu disampaikan Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi seusai rapat dengan Komisi V DPR RI, dua pekan silam.

Namun Satgas Covid-19 justru melarang mudik. Larangan itu disampaikan Ketua Satgas Penanganan Covid-19, Doni Monardo.

Dia meminta masyarakat untuk tidak mudik lebaran saat liburan Hari Raya Idul Fitri 1442 H yang diperkirakan jatuh pada 12 Mei 2021.

“Artinya kita mempercepat warga masyarakat meninggal lebih awal, kita ini semua pasti akan meninggal tidak ada orang yang hidup selamanya, tetapi (kalau mudik) mempercepat kematian,” kata Doni dalam Rapat Koordinasi Satuan Tugas Penanganan Covid-19, dikutip Suara, 29 Maret 2021.

Oleh sebab itu, dia meminta setiap daerah untuk mulai menggencarkan sosialisasi larangan mudik sejak saat ini, agar masyarakat bisa bijak menentukan keputusan.

“Dilarang mudik, saya minta dijadikan tema oleh seluruh pihak, instansi, lembaga, daerah, saya ulangi lagi, dilarang mudik! Tidak ada kata lain, cuma satu kata dilarang mudik! titik sudah, tidak ada lagi embel-embel liburan,” tegasnya.

Doni juga meminta pemerintah daerah mewajibkan seluruh orang yang nekat mudik untuk karantina agar penularan Covid-19 bisa terkendali.

Berdasarkan catatan Satgas, akan terjadi lonjakan kasus positif Covid-19 sebesar 37-119 persen jika masyarakat tetap berbondong-bondong mudik.

Artikel Lainnya