Kekinian, Cobalah Resep Lumpia Vietnam dari Bahan Shirataki Basah, Bisa Bantu Program Diet

Nyedulur
  • 3 bulan yang lalu
  • arief

Sumber Foto: Kompas.com.

Pecinta kuliner di Indonesia masih banyak yang belum tahu mie shirataki. Maklum, ini adalah makanan khas Jepang yang kalah populer dengan ramen. Seiring perjalanan waktu, mie shirataki mulai dijajakan di tingkat PKL hingga resto dan hotel di Indonesia.

Sepertinya makanan ini cocok bagi yang menjalani program diet. Sebab mie shirataki jauh dari kesan lemak dan bisa membantu mengontrol berat badan, tanpa takut kelaparan.

Mengutip Kompas, mie shirataki merupakan makanan yang terbuat dari akar konjac. Tanaman ini umumnya tumbuh di Jepang, Cina, dan beberapa negara di Asia Tenggara.

Bagi yang ingin mencicipinya, Anda harus tahu bahwa mie shirataki dibedakan menjadi dua, yakni basah dan kering. Namun kali ini kita akan membahas cara memasak mie shirataki basah menjadi Vietnam spring roll.

Untuk bahan pertamanya siapkan, 1 bungkus mi shirataki basah, sekitar 250 gram, 12 lembar rice paper, 24 ekor udang, kupas dan rebus, 1 buah alpukat besar, potong-potong.

200 gram wortel parut, 300 gram kubis ungu, cincang halus, 30 gram daun ketumbar, cincang, 120 gram daun kemangi segar, cincang, dan 120 gram daun mint segar, cincang (opsional).

Untuk bahan saus kacang Vietnam, siapkan 120 gram selai kacang, 1 sdm kecap asin rendah sodium,  2 sdt saus Sriracha (bisa diganti saus sambal atau saus Bangkok), 1 sdt jahe parut segar, dan 120 ml air hangat.

Lalu untuk cara membuatnya, cuci mi shirataki basah, tiriskan. Rebus selama dua sampai tiga menit atau sesuai petunjuk pada kemasannya. Tiriskan, potong dengan ukuran 5 sampai 7 cm. Sisihkan. 

Sekarang untuk saus kacang untuk bahan celupan. Campurkan semua bahan untuk membuat saus, aduk hingga rata. Sisihkan. 

Siapkan baskom yang sudah diisi air hangat, celupkan rice paper selama 10-15 detik, atau hingga lentur. Letakkan di telenan yang sudah dibasahi. 

Ambil mi shirataki, wortel, kubis ungkus, dua potong udang, seiris alpukat, daun ketumbar, daun kemanggi, dan daun mint. Tata di atas rice paper tersebut.

Selanjutnya, lipat setengah bagian bawah pembungkus ke atas isian. Pegang lipatan di sisi lainnya lalu selipkan ke samping, gulung hingga kuat.  Lakukan hingga rice paper dan isian habis.

 Tata shirataki vietnam spring roll yang sudah jadi di atas piring saji. Siapkan pula sausnya. Vietnam spirng roll cocok dinikmati saat panas di saat hujan deras.

Artikel Lainnya