Kartu ATM dan Debit Mandiri Hari Ini Diblokir, Segera Urus ke Cabang Terdekat

Nyedulur
  • 15 hari yang lalu
  • arief

Sumber Foto: Detik.

Bank Mandiri berencana memblokir seluruh kartu ATM maupun debit. Langkah ini dilakukan untuk memperbarui kartu. Yakni menggantu kartu magnetik atau magnetic stripe dengan chip.

Tapi jangan panik. Pihak bank akan melayani pergantian kartu ATM atau debit mulai hari ini, Kamis 1 April 2021.

“Proses cleansing atau blokir dilakukan bertahap sesuai kriteria expiry date kartu sebagai berikut, expiry date kartu debit 2021-2022. tanggal blokir 1 April 2021,” bunyi pernyataan resmi di laman mandiri.co.id.

“Cleansing Mandiri debit magnetic stripe adalah pemblokiran kartu debit magnetic stripe nasabah oleh bank, apabila nasabah belum melakukan konversi kartu debit Mandiri magnetic stripe ke kartu chip sampai dengan batas waktu yang ditentukan," tulisnya lagi.

Mengutip Kumparan, bagi nasabah yang akan mengganti kartu debit/ATM lamanya, Bank Mandiri memberikan kemudahan untuk mengganti kartu teknologi magnetic ke kartu chip di semua kantor cabang Bank Mandiri.

Batas waktu pergantian kartu debit dan kartu debit dan kartu ATM, bertahap sesuai kriteria expired date kartu. Kartu debit/kartu ATM dengan expired date 2021-2022 akan diblokir pada 1 April 2021.

Kartu debit/kartu ATM dengan expired date 2023-2025 dijadwalkan pemblokiran pada 1 Juni 2021. Kartu debit/kartu ATM dengan expired date 2026-2030 akan diblokir pada 1 Juli 2021.

Untuk diketahui, pemblokiran kartu debit/ATM magnetik ini ditetapkan sesuai aturan Bank Indonesia (BI). Hal ini dimaksudkan untuk meningkatkan sistem keamanan penggunaan kartu tersebut.

Bank Indonesia (BI) menetapkan tahun 2021 ini sebagai batas akhir penggunaan kartu debit dengan teknologi magnetic stripe. Hal tersebut sesuai dengan Surat Edaran Bank Indonesia No. 17/52/DKSP, yang menetapkan kartu debit dan kartu ATM harus sudah menerapkan teknologi chip.

Artikel Lainnya