Kapolri Diinstruksikan Berantas Premanisme, Prabowo Ditelpon Langsung Jokowi, Diduga Terkait Pungli di Tanjung Priok

Nyedulur
  • 11 hari yang lalu
  • arief

Sumber Foto: Bisnis Indonesia.

Dugaan pungutan liar (pungli) di Pelabuhan Tanjung Priok membuat Presiden Joko Widodo marah. Temuan tersebut langsung membuat Jokowi menghubungi Kapolri, Jenderal Listyo Sigit Prabowo.

Kadiv Humas Polri Irjen Argo Yuwono membenarkan bahwa Kapolri mendapat mandat dari Presiden. Terlebih Presiden Jokowi mendengar keluhan sejumlah sopir di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta.

Keluhan itu diduga maraknya pungli dan praktik premanisme di pelabuhan tersebut. Terlebih dugaan pungli dianggap merugikan sopir kontainer.

“Kemarin (Kamis 10 Juni), Bapak Presiden sempat ada di Tanjung Priok kemudian mengadakan dialog, dan ternyata ada keresahan yang disampaikan sopir kontainer,” kata Argo mengutip Detik, Jumat 11 Juni 2021.

Menurutnya, keluhan itu langsung disampaikan kepada Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo melalui sambungan telepon.

“Adanya temuan itu. Asops Kapolri akhirnya memberikan instruksi, memberikan arahan kepada seluruh jajaran di seluruh Indonesia, untuk melakukan operasi terhadap pungli dan premanisme,” Argo menambahkan.

Menurutnya, instruksi Kapolri itu telah diteruskan ke seluruh polda se-Indonesia. Dia berharap adanya operasi tersebut, praktik premanisme dapat ditangani dan diantisipasi agar tidak akan berkembang di kemudian hari.

“Kami sudah mengirimkan ke polda-polda. Polda Jatim juga sudah bertindak dan nanti akan mengamankan dan bertindak. Banyak kejadian-kejadian di kota besar dan nantinya akan dilakukan antisipasi dan penyelesaiannya,” terang Argo.

Sementara itu, Polres Metro Jakarta Utara telah mengamankan 24 orang terkait dugaan pungli sopir truk kontainer dari dua lokasi. Ke-24 orang tersebut telah menjalani pemeriksaan setelah ditangkap di Depo PT Greating Fortune Container (GFC) dan PT Dwipa Kharisma Mitra Jakarta.

Penangkapan itu setelah Kapolri memberi instruksi kepada jajaran kepolisian di daerah-daerah.

Artikel Lainnya