nyedulur.com

Kapolda Jatim Diprediksi Naik Jabatan, Masuk Bursa Kapolri, Gantikan Jenderal Idham Azis

Nyedulur
  • 4 bulan yang lalu
  • arief

Bursa calon Kapolri mulai marak. Sejauh ini banyak kandidat yang digadang-gadang menggantikan Kapolri Jenderal Idhan Azis. Orang nomor satu di jajaran Polri itu bakal pensiun awal tahun 2021.

Menanggapi hal itu, Indonesian Police Watch (IPW) memprediksi akan terjadi mutasi pada akhir 2020. Pada mutasi ini, ada beberapa jenderal bintang dua dinaikkan menjadi kimisaris jenderal atau bintang tiga.

Menurut Presidium IPW, Neta S Pane menyebutkan mutasi itu berkaitan dengan bursa calon pengganti Jenderal Idham Azis.

“Para perwira yang naik menjadi bintang tiga itu dipastikan akan masuk dalam bursa calon kapolri untuk menggantikan Idham Azis,” katanya dalam keterangan tertulis, Kamis 12 November 2020.

Dia menambahkan periode November hingga Januari 2021 terjadi purna tugas para jenderal. Sedikitnya tiga Komjen, delapan Irjen, dan 19 Brigjen yang akan pensiun.

Tiga jenderal bintang tiga yang akan pensiun ialah Kepala BNN Komjen Heru Winarko; Sekjen Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) Komjen Antam Novambar; dan Sekretaris Utama Lemhanas Komjen Widjarnardi.

Posisi itu akan diisi tiga perwira tinggi berpangkat Irjen. Mereka adalah Kapolda Metro Jaya Irjen Nana Sudjana; Kapolda Jawa Tengah Irjen Ahmad Lutfhi; dan Kapolda Jawa Timur Irjen M. Fadil.

Namun demikian, pergantian Kapolri adalah hak presiden.

Artikel Lainnya