nyedulur.com

Kapal Mentari Crystal Tenggelam di Tanjung Perak,Tidak Ada Korban Jiwa

Nyedulur
  • 4 bulan yang lalu
  • arief

Kapal Mentari Crystal milik PT Mentari Mas Multimoda (3M) tenggelam di perairan Teluk Lamong, Minggu 15 November 2020, sekitar pukul 21.00 WIB. Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa yang terjadi di perairan Pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya.

Dijelaskan Direktur PT Terminal Teluk Lamong, Faruq Hidayat bahwa kapal tersebut bermuatan 137 peti kemas. Kapal tersebut telah selesai melakukan aktivitas muatan Minggu malam, sekitar pukul 19.10 WIB.

“Kami cepat melakukan evakuasi bersama Otoritas Pelabuhan dan Kesyahbandaran Utama Tanjung Perak serta pemilik kapal,” kata Faruq dalam zoom meeting, Senin 16 November 2020.

Tenggelamnya kapal tersebut menjadi yang pertama sepanjang tahun 2020 ini. Dampaknya banyak kapal yang dialihkan ke terminal lainnya lantaran terganggu.

Namun demikian, Kepala Kesyahbandaran Utama Tanjung Perak, Sudiono menegaskan kelancaran arus logistik masih terjaga. “Kapal langsung dievakuasi dan disandarkan ke dermaga internasional,” katanya.

Mentari Crystal bermuatan 137 peti kemas dengan tujuan Surabaya-Kendari. Kapal itu melakukan aktivitas pemuatan pada pukul 08.30 WIB dengan estimasi tuntas pukul 16.00 WIB. Namun kapal tersebut mengalami gangguan keseimbangan yang menyebabkan tenggelam pukul 21.00 WIB.

Sejauh ini belum dihitung kerugian yang dialami pihak operator kapal. Perwakilan dari PT 3M, Antonio mengaku masih menghitung kerugian atas insiden tersebut.

Sementara Ketua Asosiasi Pemilik Kapal (INSA), Stenven H Lasewengan memuji gerak cepat dari TTL maupun dari pemerintah. Sehingga aktivitas bongkar muat logistik masih berjalan dengan baik.

Artikel Lainnya