Kampung Setan hingga Rumah Naga, Tempat Wisata di Jatim yang Menyimpan Kisah Misteri

Nyedulur
  • 2 bulan yang lalu
  • arief

Sumber Foto: IST.

Tujuan berlibur adalah untuk melepas penat dan menghilangkan stres. Daya tarik wisata tersebut bisa karena cerita rakyat, dongeng, atau emang instagramable. Dijadikan spot foto, kemudian diunggah ke media sosial.

Nah, sebagian wisatawan banyak yang tidak menyadari, bahwa lokasi yang dikunjungi puya cerita misteri. Kisah mistis yang sudah bertahun-tahun menjadi pembicaraan dan melegenda. Horor.

Utamanya sejumlah tempat wisata di Jawa Timur, tidak bisa lepas dari kisa mistis. Malahan sudah diceritakan dari zaman ke zaman.

Lalu di mana saja sih lokasi tempat wisata tersebut? Jangan-jangan Anda pernah berkunjung ke sana tapi tidak menyadarinya. Atau memang sengaja datang karena penasaran.

Surabaya pernah memiliki sirkuit balap motor di Pantai Kenjeran. Tempat ini juga memiliki arena untuk pacuan kuda. Kedua lokasi itu kerap dijadikan kejuaraan tingkat nasional.

Pun begitu, Kenjeran merupakan salah satu spot wisata keluarga di Kota Pahlawan. Tapi banyak yang tidak sadar jika tempat ini menyimpan segudang cerita horror. Banyak yang percaya jika pantai ini merupakan tempat kerajaan siluman ular.

Selain itu, pantai ini sering disebut sebagai perkampungan makhluk gaib. Lantaran banyak pengunjung yang sering menangkap sosok mistis saat melakukan swafoto di sekitar area ini.

Kabupaten Jember memiliki sejumlah spot wisata alam yang cukup banyak. Salah satunya adalah Nusa Barong atau Nusa Barung. Lokasi in merupakan pulau yang memiliki panorama sangat indah. Sangat sayang untuk dilewatkan.

Pulau ini dekat Pantai Puger yang masuk wilayah Kecamatan Puger, dan tidak berpenghuni. Banyak cerita mengapa pulau tersebut tidak dihuni. Malahan warga sekitar percaya tempat tersebut dihuni ular besar dan harimau putih.

Merujuk dari dua kata, Nusa yang berarti pulau dan Barong makanya ular. Dengan kata lain, Nusa Barong adalah pulau ular. Tempat ular raksasa bertapa. 

Siapa yang menyangka jika mall yang biasa dibuat belanja juga memiliki cerita mistis. Itulah Delta Plaza di Jalan Pemuda Surabaya. Mall ini dikenal dengan sosok hantu suster gepeng. Ada pula yang menyebut suster ngesot, karena jalannya sambil duduk.  

Katanya, suster tersebut adalah arwah penasaran yang meninggal akibat terjepit lift. Masuk akal jika sebelum dijadikan mall, bangunan megah ini merupakan rumah sakit pada zaman Belanda. Namanya Centrale Burgerliijke Ziekenhuiz (CBZ).

Siapa nih yang suka berwisata ke Telaga Sarangan? Berada di lereng Gunung Lawu sisi tenggara, tempat ini memiliki beragam aktivitas yang menarik untuk dijajal. Mulai dari berkuda sampai naik speed boat mengelilingi telaga.

Di balik hawa yang sejuk di sekitar telaga, lokasi wisata ini menyimpan misteri tentang sepasang naga besar yang tinggal di telaga. Kabarnya naga bersemayam di sebuah lubang besar yang tak kasat mata di tengah telaga.

Artikel Lainnya