nyedulur.com

Kalah dalam Pilpres Amerika Serikat, Donald Trump Bukan yang Pertama Kalah di Periode Kedua

Kumparan
  • 4 bulan yang lalu
  • arief

Tidak mengejutkan atas kekalahan Donald Trump dalam pemilihan Pilpres Amerika Serikat. Tapi dia bukan presiden petahan pertama yang tersisih dalam satu periode.

Cukup banyak petinggi di Ngeri Paman Sam yang tersisih di periode pertama. Berdasar catatan CNN melalui Kumparan, ada sebelas presiden AS yang kalah setelah memimpin selama empat tahun atau satu periode.

Dan, Trump adalah presiden AS ke-11 yang gagal melanjutkan periode keduanya. Pengusaha itu juga menjadi presiden petahan yang kalah setelah 27 tahun.

27 tahun lalu, kandidat partai Republik George H.W. Bush sebagai petahana kalah dari kandidat dari Partai Demokrat, Bill Clinton. Setelah itu, Clinton menang dua periode di Pemilu AS. 

Kepemimpinan Clinton dilanjutkan George W Bush selama dua periode. Yaitu dari 2001 hingga 2009. Bush kemudian dilanjutkan Barrack Obama yang menjadi presiden Amerika Serikat dua periode, 2009 hingga 2017. 

Setelah Obama, Donald Trump meneruskan sebagai Pesiden AS. Sayang, dia gagal saat menjajal periode keduda dan menghormati respons masyarakat Amerika Serikat yang lebih memilih Joe Biden.

Tenang Mr Trump, Anda bukan yang pertama. Presiden AS pertama yang kalah di periode kedua adalah John Adams 1797-1780. Selanjutnya John Quincy Adams (1825-1829), yang kalah dari Andrew Jackson pada 1828. Berikut catatannya.

Artikel Lainnya