Kadar Gula Darah Anda Tinggi? Coba Konsumsi Rempah-rempah, Berkhasiat Kontrol Glukosa

Nyedulur
  • 3 bulan yang lalu
  • arief

Sumber Foto: Steemit.

Makan dan minum yang manis risikonya cukup tinggi. Yang paling berbahaya adalah peningkatan kadar gula dalam darah. Ini yang sulit disembuhkan. Jika ini terjadi, satu-satunya cara adalah mengontrol kadar gula dalam darah.

Untuk mengontrolnya tidak perlu cemas. Tidak perlu biaya mahal. Bisa menggunakan bahan-bahan herbal. Salah satunya adalah dengan mengonsumsi rempah-rempah. Ada beberapa rempah-rempah yang dipercaya bisa menurunkan kadar gula secara alami.

Dilansir dari Detik, kayu manis memiliki efek positif pada pengendalian glikemik dan profil lipid pada pasien dengan diabetes melitus tipe 2. Kayu manis mengandung 18 persen polifenol.

Selain itu, kayu manis juga memiliki kemampuan meningkatkan kepekaan insulin dan pengendalian terhadap glukosa darah.

Menurut sebuah penelitian, kayu manis bisa mengatasi diabetes tipe 2 sebesar 0,83 persen, dibandingkan dengan pengobatan dan perawatan biasa.

Menurunkan kadar gula dalam darah bisa juga dengan mengonsumsi cengkih. Tanaman ini mengandung 30 persen fenol antioksidan, antosianin dan quercetin. Kandungan ini dinilai dapat melindungi kesehatan jantung, hati serta lensa mata yang dibuktikan melalui penelitian terhadap tikus.

Cengkih memiliki sifat antiseptik serta germicidal. Kandungan ini bermanfaat sebagai anti-inflamasi, analgesik dan menjaga pencernaan bagi penderita diabetes.

Ada juga daun kari sering ditambahkan dalam beberapa masakan Asia. Daun kari memiliki kandungan yang dapat membantu mennyetabilkan kadar glukosa darah dan berpengaruh pada metabolisme karbohidrat.

Sebuah penelitian di India secara rinci menemukan efek yang bisa dihasilkan daun kari pada penderita diabetes tipe 2. Bahwa daun kari mengandung fitokimia yang dapat membantu mengendalikan kadar gula darah pada pasien penderita diabetes tipe 2.

Tidak hanya ketiga rempah-rempah itu saja yang dapat menurunkan kadar gula darah. Masih banyak rempah-rempah yang mudah ditemui di dapur.

Artikel Lainnya