Kabar Baik, Pendaftaran CPNS Segera Dibuka, Catat Tanggal dan Siapkan Berkas-berkasnya

Nyedulur
  • 21 hari yang lalu
  • arief

Sumber Foto: Tempo.

Pemerintah sedang menyiapkan draft penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) tahun 2021. Selain itu, pemerintah juga akan membuka pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK) guru maupun non-guru

Memang sih, pembukaan pendaftaran belum diumumkan. Namun Badan Kepegawaian Negara (BKN) berjanji akan mengumumkan pendaftaran secepatnya.

Belum lama ini beredar pendaftaran dibuka mulai 31 Mei hingga 21 Juni 2021. Namun kabar tersebut ditegaskan hoaks atau berita bohong.

“Kalau selama ini beredar tanggal 31 Mei, itu bukan kami yang menyampaikan,” tegas Pelaksana Tugas Kepala Biro Hubungan Masyarakat Hukum dan Kerjasama BKN Paryono, mengutip CNBC Indonesia, Selasa 1 Juni 2021.

Paryono mengemukakan hingga saat ini otoritas kepegawaian belum menentukan waktu pendaftaran CPNS. Pemerintah berharap proses pendaftaran segera dibuka dalam waktu dekat.

“Ini yang belum bisa dipastikan. Tapi semoga bisa secepatnya,” Paryono menambahkan.

BKN telah mengeluarkan surat bernomor 4761/B-KP.03/SD/K/2021 tertanggal 28 Mei 2021 perihal pengadaan CPNS dan PPPK non-Guru tahun 2021 yang ditujukan bagi pejabat pembina kepegawaian instansi pusat dan daerah.

Dalam surat tersebut, disebutkan bahwa belum dibukanya pendaftaran CPNS dikarenakan masih ada beberapa peraturan CPNS, PPPK non-Guru dan PPPK guru yang belum ditetapkan pemerintah.

“Serta masih adanya usulan revisi penetapan kebutuhan (formasi) oleh beberapa instansi, maka jadwal pelaksanaan seleksi akan diinformasikan lebih lanjut,” tulis surat tersebut.

Surat ini telah diteken Kepala BKN Bima Haria dengan tembusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, Menteri Keuangan, Menteri Dalam Negeri, dan Kepala BPKP.

Nah, untuk mendaftar CPNS dan PPPK Guru dan non-guru apa saja sih?

Beberapa dokumen yang perlu disiapkan sebagai syarat ikut daftar CPNS meliputi Kartu Keluarga, Kartu Tanda Penduduk (KTP), ijazah, transkrip nilai, pas foto, Dokumen lain sesuai dengan ketentuan instansi yang akan dilamar, termasuk SKCK.

Artikel Lainnya