Jurus Praktis Bersihkan Rumah Lebih Efisien, Rapi dan Bebas Penyakit

Nyedulur
  • 4 bulan yang lalu
  • arief

Sumber Foto: IST.

Menjaga kesehatan selama pandemi Covid-19 perlu dilakukan berkala. Terutama tiap sudut rumah perlu dilakukan agar menghindarkan dari berbagai penyakit.

Tapi, membersihkan rumah kerap timbul masalah lain. Misalnya saat dibersihkan kondisi rumah menjadi berantakan. Buntutnya sulit bisa merapikan kembali.

Sebetulnya ada strategi atau cara membersihkan rumah tanpa berantakan. Mengutip Kompas, ada strategi praktis menjaga rumah tetap bersih, dan lebih sedikit pekerjaan.

Kurangi benda-benda yang kotor dengan meninggalkan sepatu di pintu, membatasi makanan hanya di dapur dan ruang makan, serta menaruh pekerjaan di satu tempat.

Pastikan semua anggota keluarga mengetahui aturan dan mengikutinya. Dengan membatasi aktivitas yang berantakan di area tertentu berarti kita akan memiliki lebih sedikit area untuk dibersihkan.

Sebenarnya kita tidak perlu menyisihkan waktu yang lama untuk bersih-bersih karena kita bisa melakukannya sesaat setelah menyelesaikan aktivitas lainnya.

Misalnya, kita bisa membersihkan kamar mandi setelah mandi. Membersihkan keran, wastafel, dan meja dapur setelah menyikat gigi. Kemudian mencuci keranjang sampah setiap kali kita membuang sampah.

Setiap orang di rumah dapat membantu pekerjaan rumah tangga. Bahkan anak kecil sekalipun. Jadikanlah pekerjaan rumah tangga sebagai bagian dari rutinitas keluarga sehari-hari seperti halnya makan.

Sisihkan waktu setelah makan malam untuk merapikan dan membersihkan meja maupun perlengkapan makan di saat yang bersamaan dalam kerja tim.

Mendatangi setiap ruangan untuk bersih-bersih memungkinkan kita mempersingkat waktu dan pekerjaan jadi lebih efisien.

Perlu meluangkan waktu di akhir pekan, jika ingin menyedot debu atau membersihkan setiap ruangan dengan energi ekstra.

Sementara membersihkan bagian dapur membutuhkan waktu paling lama di antara waktu makan.

Artikel Lainnya