Jurus Jitu Redakan Sakit Tenggorokan, Mudah, Bisa Diatasi dengan Permen Menthol

Nyedulur
  • sebulan yang lalu
  • arief

Sumber Foto: IST.

Adanya masalah di tenggorokan memang mengganggu. Pada saat seperti ini, makan ataupun minum sering merasa sakit. Apalagi untuk menelan makanan bisa membuat mata melotot. Menahan sakit, gaes.

Bisa jadi masalah ini disebabkan gatal atau iritasi. Bila benar, perlu waspada dan hati-hati, karena bisa saja gangguan kesehatan ini termasuk gejala radang tenggorokan.

Penyebab masalah di tenggorokan juga sering terjadi karena pilek maupun flu. Akan tetapi, sakit tenggorokan karena virus bisa saja sembuh dengan sendirinya.

Namun, jika Anda terganggu dengan tenggorokan yang sakit, dan ingin segera menyembuhkannya, ada cara mudah. Beberapa bahan alami bisa dipilih untuk membantu meredakan sakit tenggorokan yang sudah dilansir dari Merdeka.

Untuk menurunkan rasa tak nyaman di tenggorokan, Anda dapat berkumur menggunakan air garam yang hangat.

Adanya garam dalam air bisa menghilangkan lendir dari jaringan yang mengalami radang serta melegakannya. Gunakan garam sebanyak setengah sendok teh pada 100 gram air

Selain itu, Anda bisa mengonsumsi madu secara langsung atau mencampurnya di dalam teh.

Madu ini dapat mengurangi rasa kering dan mengobati tenggorokan yang kurang terlubrikasi. Konsumsi madu ini juga bisa melegakan tenggorokan dari iritasi yang terjadi.

Kurangnya air di dalam tubuh bisa menyebabkan produksi air liur dan lendir berkurang bahkan berhenti.

Masalah yang terjadi ini bisa menyebabkan radang menjadi memburuk. Jangan ganti air putih dengan teh atau kopi karena bisa membuat kondisi tenggorokan memburuk.

Permen pelega tenggorokan yang biasa dijual mengandung menthol yang bisa meredakan masalah tenggorokan dan melegakannya secara seketika. Permen ini juga meningkatkan produksi air liur yang membantu melubrikasi tenggorokan.

Tidur dengan bantal tambahan di kepala bisa mencegah Anda dari bernapas melalui mulut saat bernapas dalam tidur.

Ketika Anda bernapas melalui mulut, meningkat kemungkinan mulut Anda menjadi kering. Hal ini juga bisa meningkatkan peradangan yang Anda alami.

Artikel Lainnya