nyedulur.com

Jokowi Jagokan Prabowo Calon Tunggal Kapolri, Siap Sih, Dia?

Nyedulur
  • 2 bulan yang lalu
  • arief

Sumber Foto: JPNN.

Kapolri Jenderal Idham Aziz sebentar lagi masuk masa pensiun. Dia menjadi Kapolri untuk menggantikan Jenderal Tito Karnavian yang ditunjuk sebagai Menteri Dalam Negeri pada November 2019.

Sejumlah nama telah diusulkan untuk menjadi orang nomor satu di tubuh Kepolisian RI. Salah satu nama yang menguat adalah Prabowo. Bukan Menteri Pertahanan, ya. Nama lengkapnya Komjen Listyo Sigit Prabowo. Saat ini jenderal bintang tiga itu menjabat Kabareskrim Polri.

Bahkan Presiden Joko Widodo setuju dengan sosok Listyo Sigit Prabowo. Jokowi mengusulkan sebagai calon tunggal menggantikan Idham Azis. Usulan itu juga mendapat dukungan dari Ketua DPR RI, Puan Maharani.

“Bapak presiden (Jokowi) menyampaikan usulan pejabat Kapolri yang akan datang dengan nama tunggal, yaitu bapak Listyo Sigit Prabowo, yang saat ini menjabat Kabareskrim di Polri,” kata Puan Maharani, Rabu 13 Januari 2021.

Dikutip dari Detik, Komjen Listyo Sigit Prabowo lahir di Kota Ambon, Maluku, pada 5 Mei 1969. Dia merupakan lulusan Akademi Kepolisian 1991, dan pernah menjadi Kapolresta Solo pada 2011.

Dalam masa kepemimpinannya, Sigit pernah menangani kasus bom bunuh diri di Gereja Bethel Injil Sepenuh (GBIS), Kepunton, Solo, Jawa Tengah.

Setahun kemudian, Komjen Listyo Sigit Prabowo ditarik ke Bareskrim menjadi Kasubdit II Dittipidum. Pada 2013, Komjen Listyo Sigit Prabowo kemudian diangkat menjadi Dirkrimum Polda Sulawesi Tenggara.

Saat Jokowi terpilih sebagai presiden, Komjen Listyo Sigit Prabowo kemudian dipercaya menjadi ajudan, dan mulai bertugas pada Senin, 27 Oktober 2014.

Dua tahun berselang, Komjen Listyo Sigit Prabowo kembali mendapat promosi. Dengan pangkat Brigadir Jenderal Polisi. Dia dipercaya menduduki posisi Kapolda Banten. Ini prestasi yang pernah diraih Listyo Sigit saat menjadi Kapolda Banten.

Artikel Lainnya