Jessie J Terancam Tidak Bisa Nyanyi, Akibat Meniere, Penyakit Apa Itu?

Nyedulur
  • 4 bulan yang lalu
  • arief

Sumber Foto: Newsmonkey.

Jessica Ellen atau yang lebih dikenal dengan nama Jessie J kini tengah menjadi pembicaraan publik. Penyanyi asal Inggris itu bukan hanya popular berkat lagu Price Tag, tetapi masalah bernyanyi dan mendengar.

Dilansir dari CNN Indonesia, Ia mengidap penyakit Meniere yaitu kelainan yang memengaruhi telinga bagian dalam. Telinga bagian dalam bertanggung jawab untuk pendengaran dan keseimbangan.

Kondisi tersebut menyebabkan vertigo atau munculnya sensasi berputar. Kondisi ini juga menyebabkan masalah pendengaran dan munculnya suara berdengung di telinga. Penyakit ini umumnya hanya menyerang satu telinga.

Penyakit ini bersifat kronis. Namun, perawatan dan perubahan gaya hidup dapat membantu meringankan gejala.

Sebagaimana penyakit lainnya, Meniere juga menimbulkan sejumlah gejala. Seseorang bisa mengalami sensasi kepala berputar secara spontan.

Episode vertigo umumnya terjadi tanpa peringatan dan biasanya berlangsung selama 20 menit hingga beberapa jam. Vertigo yang parah bisa menyebabkan rasa mual.

Pada masa awal, gangguan pendengaran pada penyakit ini bersifat datang dan pergi. Namun demikian, kebanyakan orang mengalami gangguan pendengaran permanen seiring berjalannya waktu.

Dalam medis, persepsi munculnya suara dengung di telinga dikenal dengan istilah tinnitus. Kondisi ini kerap terjadi pada orang dengan Meniere.

Sejauh ini belum diketahui penyebab meniere. Ngeri, lho!

Artikel Lainnya