Jenis Musang Ini Cocok Dipelihara Pemula, Harganya Ramah di Kantong dan Tidak Galak

Nyedulur
  • 3 bulan yang lalu
  • arief

Sumber Foto: Rumah 123.

Tidak hanya anjing, kucing dan brung yang kerap dipelihara. Ikan, ayam hingga satwa lain kerap dipelihara manusia. Termasuk musang yang bisa menghiasi isi rumah.

Ada alasan tersendiri memlihara musang. Pertama benar-benar hobi memelihara satwa. Sedangkan alasan kedua biasanya untuk memproduksi kopi luwak. Sebab kopi luwak punya harga yang cukup mahal.

Tapi tidak sembarang luwak yang bisa dipelihara. Cukup banyak jenis musang, mulai dari yang murah hingga yang paling mahal.

Sebut saja seperti musang pandan, musang akar, hingga musang bulan yang memiliki harga paling mahal ketimbang musang lainnya yakni sekitar Rp 3.000.000.

Nah, bagi pemula disarankan memelihara musang pandan dan musang akar. Keduanya memiliki karakter yang paling mudah dijinakkan. Sehingga gampang dipelihara.

Dilansir dari Kompas, musang memang bukan hewan umum untuk dipelihara. Meski begitu, memelihara hewan penghasil kopi luwak semakin tren.

Daya tarik utamanya adalah penampilannya yang lucu dan tingkah lakunya yang menggemaskan.

Selain itu, musang tidak tergolong sebagai hewan domestik, sehingga banyak yang merasa tertantang menjadikannya sebagai hewan peliharaan.

Jika tertarik mengikuti tren ini, Indra Hermawan, salah satu anggota Musang Lover Kalimantan Barat menyarankan untuk memilih musang pandan dan akar sebagai hewan pertama.

“Secara karakter paling enak buat rumahan,” kata dia.

Kedua jenis ini juga dinilai paling aman dan tidak berbahaya jika memiliki anak kecil di rumah. Bahkan jenis musang akar cenderung bisa bersahabat lantaran tingkahnya mirip dengan kucing.

Selain itu, musang pandan dan akar juga tergolong dalam omnivora. Mudah untuk memberinya makan.

Pria yang memelihara musang binturung ini menyebutkan pisang, pepaya, dan nasi bisa dijadikan opsi makanan musang.

Meski demikian, kedua jenis musang ini juga bisa bersikap agresif ketika masuk musim kawin. Namun, kondisi ini biasanya hanya terjadi satu tahun sekali, dan bisa diantisipasi pemiliknya.

Saat membeli musang untuk dipelihara, pastikan pula jika hewan tersebut bukan hasil tangkapan liar.

“Kalau yang begini kadang dari kecil pasti sudah galak,” tambah dia.

Artikel Lainnya