Jenis Kucing Persia yang Paling Banyak Dipelihara di Indonesia, Tabby Paling Menggemaskan

Nyedulur
  • sebulan yang lalu
  • arief

Sumber Foto: IST.

Salah satu kucing yang paling banyak diburu kolektor adalah jenis persia. Tapi masih banyak yang tidak tahu jika kucing persia memiliki jenis yang cukup banyak. Kolekter newbie dan masyarakat umum menganggap kucing persia hanya memiliki satu jenis.

Pada dasarnya kucing persia memiliki sikap yang sama dengan kucing kebanyakan. Tapi salah satu kelebihannya terletak pada bulu yang lembut dan cenderung tebal serta hidung yang pesek.

Sejauh ini, jenis kucing persia yang ada di Indonesia cukup banyak. Tapi yang paling sering diperjualbelikan ada tujuh jenis. Nah, dari tujuh jenis itu tidak semuanya diburu kolektor. Hanya jenis-jenis tertentu yang diburu dan dimiliki kolektor. Apa saja?

Jenis yang paling banyak dimiliki adalah persia flat nose. Jenis ini paling populer di kalangan pecinta kucing. Sebab wajahnya paling mudah dikenali dan menggemaskan. Selain itu, harganya relatif tidak terlalu mahal

Sesuai namanya, persia flat nose memiliki wajah yang rata dengan hidung pendek kecil. Alias pesek. Anda disarankan rajin-rajin membawa ke salon untuk merawat bulu agar senantiasa tetap tebal dan lembut.

Kucing persia peak nose jauh lebih pesek dibandingkan dengan flat nose. Ciri inilah yang membuat kolektor cukup sayang dengan jenis ini. Masalahnya, jenis peak nose ini hidungnya cenderung masuk ke dalam dan paling pesek di antara kucing pesia lainnya.

Jangan salah duga. Meski paling pesek, jika benar-benar keturunan persia, harganya bisa mencapai Rp10 juta! Sayangnya kucing ini rentan terhadap penyakit. Maka itu, rajin-rajinlah memeriksakan ke dokter hewan.

Kucing persia yang kerap dimiliki kolektor di Indonesia adalah himalayan. Ciri-cirinya tetap pesek. Tapi waranya jauh lebih gelap di bagian wajah dan kepala. Begitu juga dengan kakinya, memiliki warna lebih hitam.

Sepintas wajahnya terlihat sangar. Lebih mirip bandit yang dikisahkan dalam film-film animasi kucing. Tapi dia sebetulnya persia himalayan memiliki sikap yang lucu bila dilepas dari kandangnya.

Sayangnya, kucing persia himalayan banyak disilang dengan jenis british. Meskipun harganya relatif mahal, namun mengurangi ekositisme kucing jenis persia.

Salah satu daya tarik kucing persia tabby adalah tingkahnya yang tidak bisa diam. Persia tabby jenis kucing yang gemar mengajak majikannya bermain. Itu sebabnya banyak kolektor atau penggemar kucing menjadikannya sebagai teman di rumah.

Umumnya dia dilepas dari kandang agar majikannya bisa mengusir stres. Tapi, perlu waspada. Karena tingkahnya yang banyak, dia kerap membuat benda-benda di dalam rumah berantakan.

Kucing ini di pasaran harganya relatif mahal. Untuk kucing dewasa bisa mencapai Rp1,3 juta per ekor.

Artikel Lainnya