Jember Waspada! 10 Kasus Penganiayaan Libatkan Padepokan Silat, Enam Kasus Diseret ke Meja Hijau

Nyedulur
  • 24 hari yang lalu
  • arief

Sumber Foto: IST.

Kasus pengeroyokan di Jember menjadi sorotan serius kepolisian setempat. Terlebih pelaku pengeroyokan dilakukan anggota padepokan pencak silat terhadap warga.

Setidaknya Polres Jember telah mencatat 20 kasus pengeroyokan sepanjang Januari-Mei 2021, dengan 10 kasus di antaranya melibatkan anggota perguruan silat.

Dari jumlah sepuluh kasus tersebut, enam di antaranya telah diseret ke pengadilan. Sedangkan sisanya masih dalam penyidikan.

Kapolres Jember AKBP Arif Rachman Arifin menegaskan butuh waktu untuk menahan semua pelaku.

“Karena tahun sebelumnya lebih banyak (penyelesaian) menggunakan cara kekeluargaan dan tidak memberi efek bagus, jadi pada 2021 sejak saya di sini, dari 10 kasus yang melibatkan oknum (pesilat) kami proses semua,” kata AKBP Arif Rachman Arifin, mengutip Beritajatim, Jumat 28 Mei 2021.

Arif mengatakan bahwa pihaknya sudah tegas. Namun dia juga meminta waktu untuk memproses pelaku pengeroyokan.

“Memang kalau semua pelaku ditahan, itu butuh proses. Selain itu, perkara yang melibatkan oknum anggota perguruan silat lebih kecil jumlahnya dibandingkan kasus penganiayaan lainnya,” jelasnya.

Pernyataan itu merujuk pada jumlah penduduk di Jember yang hampir mencapai tiga juta. Sementara jumlah anggota Polres Jember hanya 1.100 personel. Itu sebabnya Arif meminta waktu untuk menahan pelaku pengeroyokan.

Sebelumnya, PCNU Jember mendesak polisi agar menangkap dan mengadili para pelaku pengeroyokan terhadap empat anggota Pagar Nusa. Diduga pencak silat Pagar Nusa dikeroyok puluhan orang anggota salah satu perguruan silat lainnya.

Pengeroyokan terjadi pada Sabtu 17 April 2021 sore. Dua pesilat warga Desa Sukorejo, Kecamatan Bangsalsari, yakni Fauzan (20) dan Wahyudi (25), terluka hingga harus dirawat di rumah sakit.

Semua berawal, saat empat anggota Pagar Nusa yang hendak ngabuburit melintas di jalan desa setempat. Mereka diancam oleh puluhan orang dari salah satu perguruan silat lainnya dan disuruh melepas kaos beratribut Pagar Nusa.

Artikel Lainnya