Jembatan Desa Suru Mojokerto Putus, Terseret Luapan Kali Grenjeng Akibat Hujan Deras

Nyedulur
  • 5 bulan yang lalu
  • arief

Sumber Foto: Beritajatim.com.

Akses jalan menuju dan dari Desa Suru, Kecamatan Dawarblandong, Kabupaten Mojokerto putus. Baik pejalan kaki maupun pengguna jalan, tidak bisa mengakses jembatan tersebut.

Warga yang hendak menuju atau dari desa setempat, harus memutar jalan sejauh 4 kilometer. Sejauh ini belum ada rencana perbaikan jembatan di Desa Suru.

Salah satu sebab putusnya jembatan tersebut adalah luapan kali Grenjeng, anak Kali Lamong. Luapan itu disebabkan hujan deras yang mengguyur wilayah Gresik dan Mojokerto pada Minggu 27 Desember 2020. Kebetulan kedua kota tersebut dilalui Kali Lamong yang memiliki beberapa anak sungai.

“Kemarin hujan jam 6 sampai 8 malam. Hanya 2 jam tapi air tinggi, setinggi tanaman jagung jadi jembatannya tidak kelihatan,” kata warga setempat, Sadi dikutip dari Beritajatim, Senin 28 Desember 2020.

Sadi menambahkan bahwa jembatan penghubung antar dusun tersebut putus pada Minggu malam. Tanggul penahan di pinggir jembatan yang terbuat dari tumpukan sak berisi pasir ikut terbawa arus sungai.

“Dari 100 sak untuk tanggul menyisahkan 15 sak pasir,” Dadi menambahkan.

Luapan Kali Grenjeng juga membuat tanaman padi milik petani terendam air banjir. Selain itu, hujan deras yang turun selama dua jam menyebabkan banjir di empat desa di dua kecamatan.

Artikel Lainnya