Jelang Balapan Spanyol, Rossi Tak Punya Ambisi, Makin Ngeri dengan Kecepatan Marquez

Nyedulur
  • 24 hari yang lalu
  • arief

Sumber Foto: MotoGP.

Bintang MotoGP, Valentino Rossi tidak memiliki ambisi menjadi jaura dunia tahun ini. Terlebih dalam tiga seri pembuka, dia kesulitan masuk sepuluh besar. Bahkan musim ini menjadi balapan terburuk sepanjang karier balapan rider asal Italia itu.

Pada balapan seri pembuka di sirkuit Losail, 28 Maret 2021, dia hanya finish di urutan ke-12. Celakanya, di balapan kedua posisinya merosot saat finish di urutan k-16. Hasil yang dia gapai makin merosot saat gagal finish di Portugal akhir pekan lalu.

Hasil seri ketiga itulah yang membuatnya mulai mawas diri. Podium yang pernah dia dapat dengan mudah, sepertinya makin sulit didapat.

Ada banyak alasan yang disampaikan pebalap Petronas Yamaha SRT itu. Pebalap kelahiran Urbino, Italia itu menuding motornya tidak cukup kompetitif.

Masalah ban dan mesin yang kurang mendukung, kemudian start dari belakang, hingga sulitnya bersaing dengan tim-tim utama peserta MotoGP dijadikan alasan.

Dia lantas membandingkan motor Yamaha yang ditunggangi tim pabrikan, Fabio Quartararo dan Maverick Vinales jauh lebih kompetitif.

“Ya, dua motor Quartararo dan Vinales lebih kuat, mereka lebih cepat. Saya sedikit khawatir, karena terus terang saya berharap lebih kompetitif,” Rossi menjelaskan dikutip dari Motosport.

Satu hal yang dia makin cemas adalah kecepatan pesaing terberatnya, Marc Marquez. Pebalap Repsol Honda itu masih menunjukkan taring. Padahal Baby Allien julukannya, tidak memacu motor selama sembilan bulan akibat kecelakaan tahun 2020.

Faktanya Marquez masih sanggup finish ketujuh saat comeback di Protimao, Protugal. Tentu Marquez berhak mendapat poin. Ini yang jauh berbeda dibandingkan dengan Rossi.

“Kecepatan saya tidak fantastis. Kami berharap bisa sedikit lebih cepat (di GP Spanyol),” kata Rossi.

Rossi sudah tidak memiliki ambisi menjadi juara MotoGP. Penampilannya terus meredup dalam empat tahun terakhir. Terlebih, usianya sudah memasuki kepala empat. Tahun ini The Doctor telah memasuki 42 tahun.

Balapan selanjutnya akan dilaksanakan di Sirkuit Jerez, Spanyol pada 2 Mei 2021.

Artikel Lainnya