Jejak Sejarah Riau di Sungai Siak, Transportasi dan Wisata Bahari Menyatu Eksotis

Nyedulur
  • 22 hari yang lalu
  • arief

Sumber Foto: IST.

Sungai Siak memiliki sejarah panjang bagi Provinsi Riau mapun ibu kotanya, Pekanbaru. Sungai ini disebut-sebut sebagai sarana transportasi di era Kerajaan Siak. Beberapa bukti bisa dijumpai di sepanjang aliran sungai tersebut.

Bahkan sistem transportasi air itu masih digunakan di era modern. Beberapa kapal-kapal besar kerap hilir mudik di Siak. Sebut saja kapal peti kemas, tangker hingga kargo pernah melintas di Sungai Siak.

Sungai Siak tergolong sebagai sungai terdalam di Indonesia. Konon kedalamannya mencapai 30 meter. Sayangnya pendangkalan menyebabkan kedalaman sungai hanya 18 meter.

Bagi masyarakat Riau, Sungai Siak merupakan urat nadi ekonomi. Sungai ini sebagai sarana transportasi dari Pekanbaru menuju Dumai dan Malaka sampai Batam. Minimnya literasi sejarah menjadikan sungai ini kurang terekspos dengan baik.

Untuk menuju Sungai Siak, bisa menggunakan kendaraan dengan waktu tempuh dua jam. Lokasi sungai ini berdekatan dengan Selat Melaka dan negara tetangga.

Profil lain dari sunai ini memiliki total panjang 370 kilimeter. Namun hanya 350 kilometer yang bisa digunakan kapal-kapal besar. Sementara lebar sungai berkisar 100-150 meter. Cocok untuk menampung mother vessel bahkan kapal pesiar.

Itu sebabnya sungai tersebut telah memiliki restoran terapung. Tepatnya Oktober 2020 lalu, Quantung Cruise telah diluncurkan untuk melayani makan malam wisatawan.

Kapal ini setiap harinya menyusuri Sungai Siak dari Rumah Singgah Tuan Kadi menuju Mesjid Raya Pekanbaru. Sementara jam operasionalnya mulai pagi hingga pukul 19.00 WIB.

Bagi wisatawan yang ingin menikmati Sungai Siak, cukup banyak layanan kapal milik nelayan atau bus air milik Dinas Perhubungan Kota Pekanbaru. Sayangnya layanan bus air hanya Sabtu dan Minggu.

Keelokan Sungai Siak bisa dilihat dari festival yang digelar Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Pekanbaru. Event yang dislenggarakan adalah Susur Siak pada 5 Mei 2018.

Pada event susur Sungai Siak ini, armada yang digunakan yaitu Bus Air, Pompong dan Speed Boat. Dari kegiatan itu bisa melihat denyut kehidupan  masyarakat Pekanbaru yang tinggal di tepian Sungai Siak.

Sebetulnya potensi wisata Sungai Siak cukup besar. Kegiatan susur sungai bisa menggunakan speedboat aluminium maupun fiberglass. Pun begitu, belum banyak dermaga apung yang disediakan pemerintah setempat maupun swasta untuk melayani wisata bahari di Siak.

Untuk jasa konsultasi bisa menghubungi laman resmi Anugerah Atlantik atau di Ruko Valencia Blok AC No. 08, Kelurahan Gemurung, Kecamatan Gedangan, Sidoarjo, Jawa Timur, 61254, dengan nomor WA 0853-3102-0515.

Artikel Lainnya