Jatuh Cinta dengan Air Terjun Berbentuk Hati di Sulawesi Barat, Intip Tempatnya

Nyedulur
  • sebulan yang lalu
  • arief

Sumber Foto: Detik.

Keindahan wisata di Indonesia tidak perlu diragukan. Mulai dari gunung, air terjun, hutan, pantai, bahkan sawah bisa dijadikan objek wisata yang membentang dari Sumatra hingga Papua.

Itu belum cukup. Objek wisata itu masih didukung budaya dan kuliner yang bisa menggugah selera.

Salah satunya air terjun Cinta di Desa Maliaya, Kabupaten Majene, Sulawesi Barat. Namanya Air Terjun Cinta. Keindahan air terjun ini disematkan oleh pengunjung.

Bukan tanpa sebab. Di lokasi ini terdapat genangan air seperti kolam, yang berbentuk seperti hati. Jadi bukan karena lokasi ini kerap dijadikan tempat mamadu kasih muda mudi, lho.

“Di sebut air terjun love (cinta), kenapa, karena ketika kita berada di atas ketinggian dan melihat ke bawah air terjun ini berbentuk love, makanya disebut air terjun love. Keren," kata salah seorang pengunjung, Ansar dikutip Detik.

Untuk menjangkau lokasi air terjun ini tidak sulit. Posisinya berjarak sekira 100 meter dari sisi jalan Trans Sulawesi. Traveler hanya perlu berjalan kaki selama beberapa menit, untuk mencapai lokasi air terjun cinta ini.

Air terjun ini dan lokasi di sekitarnya masih sangat alami. Dikelilingi rimbunnya dedaunan pohon tinggi. Lokasi ini juga belum mendapat penanganan dari pemerintah setempat.

Kendati belum ditunjang sarana dan prasarana pendukung, air terjun yang ketinggiannya diperkirakan mencapai 50 meter, cukup menarik perhatian.

Selain warga setempat, pengunjung yang datang adalah adalah pengguna jalan yang melintas di daerah ini. Mereka mampir, sekedar untuk melihat keindahan air terjun ini sembari melepas lelah setelah melewati perjalan panjang.

“Air terjun ini sangat luar biasa, selain dari pemandangan yang indah, juga air terjun ini memberikan suasana yang sejuk," ujar Ansar.

Pengunjung lainnya, Irwan mengungkapkan bahwa keberadaan air terjun ini belum banyak diketahui warga. Apalagi saat musim kemarau tiba, keberadaan air terjun ini, nyaris tidak terlihat.

“Keberadaan air terjun di sini belum banyak yang tahu, hanya masyarakat setempat saja. Saya sudah tiga kali mampir ke sini. Saya dari Palopo mau ke Mamuju,” Ansar menambahkan.

Sementara itu, warga setempat bernama Wati menyebut nama air terjun ini bernama Totoli.

“Namanya air terjun Totoli, belum dikelola menjadi tempat wisata," ungkapnya.

Kendati demikian, air terjun cinta ini memiliki keistimewaan lain, lantaran berjarak cukup dekat dari bibir Pantai Majene, yang menawarkan keindahan laut berwarna biru.

Tanpa harus merogoh kocek meluangkan waktu khusus, dalam waktu hampir bersamaan, pengunjung bisa menikmati keindahan dua panorama alam yang masih sangat alami ini. Keren, bukan?

Artikel Lainnya