Jangan Tertipu, Beberapa Buah Punya Tampilan Menarik, Tapi Beracun, Ini Dampaknya

Nyedulur
  • 3 bulan yang lalu
  • arief

SUmber Foto: The Ohio State University.

Kesegaran buah tidak diragukan. Kandungan vitaminnya juga cukup bervariasi. Semisal vitamin C, vitamin A, dan beberapa vitamin lainnya.

Namun tidak banyak yang tahu jika buah itu juga berbahaya. Setidaknya memiliki kandungan racun yang bisa membahayakan hewan. Juga mansia, gaes.

Berdasarkan catatan IDN Times, ada beberapa jenis buah yang berbahaya bagi manusia. Buah kundur gurun mudah dijumpai di Gurun Sahara. Namun buah ini memiliki kandungan racun yang berbahaya.

Bentuknya mirip labu. Memang banyak yang menyebut kundur sebagai labu liar atau mentimun pahit. Sebenarnya, biji-biji di buah tersebut dapat dimakan, asalkan telah dipisahkan dari daging buahnya.

Hal ini dikarenakan daging buah tersebut yang sangat pahit. Banyak orang mengira daging buah tersebut mengandung zat yang berbahaya.

Mungkin banyak yang tidak mengetahui jatropha. Tapi ketika Anda menyebut buah jarak, akan mudah mengenali. Buah jarak merupakan tumbuhan berbiji yang tidak bisa dimakan dan masuk dalam famili euphorbiaceae.

Jatropha memiliki manfaat yang luar biasa sebagai bahan bakar alternatif untuk produksi biodesel. Manfaat itulah yang membuat manusia meningkatkan produksi tanaman buah jarak.

Menurut National Center for Biotechnology Information, banyak anak-anak yang keracunan buah jatropha karena minimnya literasi. Buah ini dapat menyebabkan muntah, diare, hingga gangguan pada ginjal.

Buah yang mirip anggur ini terlihat indah. Siapa sangka, buah ini dapat menyebabkan masalah kesehatan. Menurut WebMD, buah ini bisa menyebabkan pembengkakan pada hidung, sakit tenggorokan, hingga mastitis.

Buah pokeweed merupakan buah-buahan yang populer bagi burung-burung di Amerika Serikat. Akar tanaman ini dapat dijadikan herbal alami. Tanaman ini mudah ditemukan di Florida dan Maine, Amerika Serikat.

Buah berry sea buckthorn merupakan buah yang sangat bermanfaat bagi kulit. Buah ini dapat dijadikan minyak yang dapat membantu menyeimbangkan kondisi kulit. Juga dapat mengatasi jerawat dan tekanan darah tinggi.

Tapi kelompok masyarakat ini tidak disarankan mengonsumsi buah ini. Kenapa?

Artikel Lainnya