Jangan Takut Rawat Tanaman Hias di Rumah, Manfaatnya Banyak, Bisa Saring Udara

Nyedulur
  • 4 bulan yang lalu
  • arief

Sumber Foto: IST.

Memiliki tanaman hias di dalam rumah banyak manfaatnya. Bukan sekadar memberi kesegaran udara, tapi juga bisa menjadi filter dari polutan dan racun. Satu lagi, bisa menyegarkan pemandangan.

Memang benar, menaruh tanaman hias di dalam ruangan banyak risiko. Jarang kena sinar matahari, sering lupa disiram dan sebab lain. Tapi itu bisa disiasati.

Dilansir dari CNN Indonesia, mungkin banyak barang di dalam rumah yang bisa menghasilkan racun dan menumpuk debu. Terlebih jika ventilasi udara di rumah minim.

Kurangnya aliran udara di rumah memungkinkan penumpukan polusi dalam ruangan dan menjadi salah satu pemicu penyakit asma.

Jenis tanaman hias yang mampu menyerap racun berbahaya dari udara terutama ruangan tertutup dengan aliran udara yang sedikit pertama kali dikemukakan oleh NASA pada 1989.

Spiderplant atau sering disebut dengan tanaman laba-laba. Tanaman laba-laba merupakan tanaman yang mudah beradaptasi dan cepat tumbuh.

Sekadar catatan, bentuk daunnya menjuntai ke bawah seperti kaki laba-laba. Tanaman ini dapat tumbuh dalam berbagai kondisi dan jarang memiliki kendala.

Sebelum tumbuh menjuntai, tanaman laba-laba bermula dari bunga kecil putih. Apabila Anda memelihara di dalam rumah, jangan memotongnya. Sebab bunga putih tersebut bukanlah jamur.

Keunggulan lainnya, tanaman ini juga tidak menyebabkan alergi untuk anak-anak atau hewan peliharaan di rumah. Tanaman laba-laba membantu menghilangkan polutan berupa formaldehida dan xilena yang dihasilkan dari asap bakaran, knalpot kendaraan, dan asap tembakau atau rokok.

Penampilan bunga krisan tidak hanya cantik dengan aneka warna. Sejatinya bunga ini mampu membersihkan semua jenis polutan udara di dalam ruangan yang berbahaya.

Bunga ini termasuk tanaman yang perlu mendapatkan sinar matahari cukup atau sedang. Tapi bisa disiasati dengan meneltakkan di dekat jendela.

Bunga krisan yang telah mekar hanya akan bertahan selama enam minggu. Setelah itu, Anda harus menyuburkan tanahnya hingga bunga krisan mekar kembali.

Namun tanpa mekarnya bunga, proses pembersihan udara menjadi tak berarti. Proses pembersihan polutan pada bunga krisan sangat bergantung dengan bunganya. Masih banyak tanaman hias yang bisa ditaruh di dalam rumah untuk mencegah racun

Artikel Lainnya