Jangan Takut, Ada Cara Aman Berpuasa Bagi Penderita Diabetes, Asalkan....

Nyedulur
  • sebulan yang lalu
  • arief

Sumber Foto: Universitas Airlangga.

Menjalankan ibadah puasa merupakan ibadah wajib bagi yang sehat. Selain itu, puasa menjadi solusi yang tepat bagi penderita diabetes. Cara ini dianggap bisa menurunkan kadar gula dalam darah penderita diabetes.

Meskipun penderita diabetes juga diperbolehkan untuk tidak berpuasa. Tetapi jika Anda ingin berpuasa, cobalah perhatikan memperhatikan cara-cara berikut. Setidaknya bisa membawa manfaat untuk kesehatan, lho.

Selain itu, penderita diabetes juga harus tahu konsumsi makanan saat berbuka puasa tidak boleh sembarangan. Bila itu dilakukan, bisa memicu hal yang berbahaya bagi tubuh.

Nah berikut beberapa tips yang harus diketahui penderita diabetes di bulan puasa, sebagaimana dirangkum dari Kompas.

Puasa memengaruhi gula darah dan tekanan darah. Jika Anda mengonsumsi obat untuk diabetes atau tekanan darah tinggi, Anda memerlukan penyesuaian dalam konsumsi obat-obatan.

Penyesuaian ini harus dilakukan di bawah pengawasan dokter dan tidak bisa dilakukan sendiri. Oleh karena itu, Anda perlu arus berkonsultasi dengan dokter sebelum menjalankan puasa.

Selanjutnya, pastikan tubuh tetap terhidrasi. Yakni dengan minum cukup cairan selama sahur dan berbuka puasa.

Jika cuaca panas selama bulan Ramadan, cobalah untuk tetap di tempat yang dingin. Batasi aktivitas fisik untuk meminimalkan jumlah cairan yang hilang di siang hari.

Hal berbahaya yang bisa terjadi saat berpuasa adalah lonjakan dan penurunan gula darah secara drastis serta dehidrasi.

Pastikan Anda memahami tand-atanda tersebut. Untuk itu, perlu cara mengontrol gula darah selama berpuasa.

Untuk menghindari perubahan kadar gula, konsumsilah makanan tiggi lemak dan rendah karbohidrat saat sahur dan berbuka. Makanan tinggi lemak akan membuat kenyang lebih lama, dan tidak akan meningkatkan gula darah.

Namun, pastikan untuk mendiskusikan hal ini dengan dokter karena makanan yang Anda konsumsi turut mempengaruhi efektivitas obat.

Artikel Lainnya