Jangan Sembarangan Minum Air, Bisa Berbahaya Bagi Kesehatan Tubuh, Dampaknya Mengerikan!

Nyedulur
  • 23 hari yang lalu
  • arief

Sumber Foto: IST.

Waspada dengan air yang Anda konsumsi. Baik itu membeli dalam bentuk galon isi ulang, air minum botolan, maupun merebus air. Teliti dan pastikan dulu bahwa air tersebut tidak tercemar.

Pasalnya, tidak hanya udara saja yang dapat tercemar. Namun air yang biasa dikonsumsi juga dapat terkontaminasi zat kimia berbahaya.

Tanpa sadar, hal ini bisa saja mengintai kesehatan tubuh Anda. Hal yang terburuk adalah dapat menimbulkan penyakit tertentu.

Sebut saja seperti di Negeri Bunga Sakura, Jepang. Ada laporan bahwa Jepang akan membuang limbah reaktor nuklir Fukushima ke laut. Keputusan tersebut sontak menuai pro kontra dari negara sekitar karena dikhawatirkan mencemarkan lingkungan.

Meski limbah nuklir tersebut diklaim aman karena sudah diproses, namun zat radioaktifnya dapat membawa pengaruh buruk bagi tubuh dan lingkungan.

Mengutip Live Science melalui CNN Indonesia, kebocoran nuklir akibat gempa di Fukushima pada 2011 lalu menyebabkan air tanah tercemar. Bahkan air tidak bisa dikonsumsi.

Air tanah tercemar zat radioaktif dengan dosis 1-sievert (Sv), yang dapat meningkatkan risiko kanker hingga 4 persen.

Tingkat pencemaran tertinggi, tercatat pada 23 Maret 2011 di mana air di Tokyo, yang mengandung 210 becquerel (Bq) iodine radioaktif per liter.

Itu sebabnya pemerintah meminta warga Jepang, kala itu, tidak mengonsumsi air tanah dan mengonsumsi air kemasan yang tidak tercemar radiasi.

Menurut Lembaga Perlindungan Lingkungan Amerika Serikat (EPA), radiasi dari limbah radioaktif dapat mempengaruhi atom pada makhluk hidup.

Sehingga berisiko merusak jaringan dan DNA pada gen. Radiasi juga bisa merusak materi genetik (DNA) sehingga menimbulkan kecacatan atau risiko kanker.

Paparan radiasi tinggi yang diberikan dalam waktu singkat dapat menyebabkan gejala seperti mual, muntah, hingga kematian.

Namun, paparan radioaktif tingkat rendah dari lingkungan tidak menyebabkan efek kesehatan secara langsung, meskipun ikut berkontribusi meningkatkan risiko kanker.

Limbah radioaktif yang tidak diolah dengan benar dapat berpengaruh pada lingkungan dan menyebabkan air tercemar. Kondisi ini merusak lingkungan, terutama air yang dikonsumsi manusia.

Kira-kira di Indonesia terdampak nggak, sih? Baca di sini.

Artikel Lainnya