Jangan Sembarangan Cuci Masker Kain, Bisa Berbahaya, Ini Cara yang Benar

Nyedulur
  • 2 bulan yang lalu
  • arief

Sumber Foto: Alodokter.

Penggunaan masker selama pandemi sudah menjadi kewajiban. Tujuannya untuk mencegah penularan virus Covid-19.

Tak hanya itu, jenis masker juga sangat banyak beredar di pasaran. Sebut saja masker medis hingga berbahan kain yang mengedepankan stylish. Mode, bro.

Nah ternyata masker yang cukup populer digunakan adalah masker kain. Selain menyuguhkan aneka warna dan gambar, masker ini juga dipercaya terdiri dari tiga lapis.

Selain itu, keunggulan masker kain dapat digunakan lebih dari satu kali. Malahan masker kain bisa dicuci untuk tetap menjaga kebersihannya.

Tapi ada syaratnya. Mencuci masker nggak boleh dilakukan dengan cara sembarangan, agar tidak cepat rusak. Toh haraoannya agar bisa kembali higenis saat digunakan ulang.

Ada cara mencuci masker kain yang benar, sesuai dengan rekomendasi dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia.

Sebelum merendam masker, siapkan dulu air panas. Fungsinya untuk membunuh kuman penyakit yang menempel pada kain.

Tambahkan deterjen pada wadah dan rendam masker kain selama kurang lebih lima menit. Setelah itu, jangan lupa kucek masker kain secara perlahan hingga kotorannya hilang.

Selanjutnya, Anda bisa bilas masker dengan air mengalir pastikan dulu masker tersebut sudah bersih dan sisa sabun tidak menimbulkan bau menyengat, agar nyaman saat dipakai.

Jika masker kain sudah dibilas dan bersih dari sisa sabun, Anda bisa keringkan di bawah sinar matahari langsung. Hal ini karena sinar matahair dipercaya dapat membunuh sisa-ssa mikroorganismer jahat yang mungkin masih menempel pada masker.

Nah, agar terlihat lebih rapi lagi. Anda bisa nih menyetrika masker kain tersebut. Selain itu gunakan suhu panas terlebih dahulu agar tidak ada lagi kuman ataupun virus. Sudah deh masker siap dikenakan.

Artikel Lainnya