Jangan Sembarangan, Ada Skincare yang Direkomendasi untuk Ibu Hamil, Apa Saja?

Nyedulur
  • 2 bulan yang lalu
  • arief

Sumber Foto: IST.

Pasangan yang baru menikah umumnya mempercepat program momongan. Sementara menunggu buah hati adalah momen paling membahagiakan.

Banyak segala cara dilakukan agar jabang bayinya sehat. Itu sebabnya ibu hamil kerap mengonsumsi makanan sehat. Termasuk perawatan tubuh tak bisa ditinggalkan, ya moms.

Salah satunya adalah perawatan kulit. Tapi perlu memerhatikan produk perawatan kulit, ya moms. Jangan sembarangan memilih agar tidak membahayakan kehamilan.

Dikutip dari Sehat Q ada beberapa skincare untuk ibu hamil yang aman digunakan. Salah satunya adalah asam alfa hidroksi atau AHA.

AHA disebut hanya sedikit diserap oleh kulit. Sehingga kandungan skincare ini risikonya sangat rendah bila digunakan pada ibu hamil.

Bukan berarti Anda dapat menggunakannya secara sembarangan. Alangkah baiknya, menggunakan AHA dalam dosis yang rendah.

AHA yang aman digunakan sebagai kandungan skincare untuk ibu hamil adalah glycolic acid dan lactic acid. Kandungan ini dapat ditemukan dalam produk sabun cuci muka, toner, pelembap, hingga serum wajah.

Selain aman digunakan bumil, kandungan tersebut dapat mengurangi garis halus, mencerahkan wajah, dan mengurangi masalah pigmentasi.

Selanjutnya ada azelaic acid. Kandungan antibakteri ini umum ditemukan dalam beberapa obat jerawat dan pengobatan rosacea, karena mampu mengurangi kemerahan dan mengurangi masalah pigmentasi.

Menurut American Academy of Dermatology, azelaic acid tidak menimbulkan efek samping pada bumil dan janin dalam kandungan.

Untuk mengobati jerawat ringan hingga sedang, benzoil peroksida topikal pun masih tergolong sebagai kandungan skincare yang aman untuk ibu hamil.

Anda bisa menemukan benzoil peroksida dalam sabun cuci muka dan obat jerawat secara bebas di apotek atau toko obat.

Bahkan, Anda bisa menggabungkan penggunaan benzoil peroksida dengan obat jerawat topikal mengandung antibiotik clindamycin.

Meski para ahli menyatakan penggunaan benzoil peroksida aman digunakan oleh bumil dalam dosis tertentu, tetap konsultasikan dengan dokter kandungan. Begitu juga dengan dokter kulit bila ingin menggunakannya selama masa kehamilan.

Artikel Lainnya