Jangan Sampai Salah Pakai Masker, Bisa Timbul Masalah Serius di Leher

Nyedulur
  • 3 bulan yang lalu
  • arief

Sumber Foto: Atharva Institute of Spine and Pain.

Sejak pandemi Covid-19, mengenakan masker sudah menjadi kewajiban. Harapannya untuk mencegah penularan virus corona yang belum mereda.

Bahkan pemerintah daerah telah menyiapkan sanksi bagi yang tidak memakai masker. Nah, kan. Hukumnya wajib, tidak bisa ditawar.

Pada awalnya, penggunaan masker untuk menghindarkan dari penularan Covid-19. Nyatanya memakai masker juga bisa meningkatkan berbagai masalah kesehatan lainnya.

Seperti meningkatkan risiko jerawat, ruam, hingga gangguan kulit lainnya. Tak hanya itu, baru-baru ini masker juga dapat menimbulkan efek samping.

Seperti dilansir dari CNN Indonesia, masker dapat menyebabkan leher terasa kaku dan sakit.

American Chiropractic Association (ACA) telah mengamati hubungan antara orang-orang yang menggunakan masker dalam waktu lama dan peningkatan nyeri rahang, kekakuan leher, ketegangan mata, nyeri punggung atas, dan sakit kepala.

“Masker dapat membatasi bidang pandang yang lebih rendah, terutama jika tidak dipasang dengan baik, menyebabkan orang menekan dagu, menggeser posisi tubuh, menahan leher dan postur tubuh untuk mempertahankan garis pandang,” demikian keterangan ACA.

Direktur klinis di Spear Physical Therapy di New York City, Ninia Agustin menyatakan bahwa masker yang tidak pas dapat menyebabkan nyeri leher meskipun kemungkinan besar bukan sebagai satu-satunya penyebab.

“Penghalang penglihatan tepi (saat memakai masker) adalah hal yang nyata,” katanya kepada New York Post.

“Mengapa? Saya tidak bisa hanya melihat ke bawah dengan mata saya; Saya harus melihat ke bawah dengan kepala dan leher,” jelas Agustin.

Dia menjelaskan bahwa melakukan dengan cepat sesekali tidak akan menimbulkan masalah. Namun jika melihat ke bawah dalam waktu yang lama, misalnya untuk melihat layar ponsel sekitar 30 menit, itu bisa menyebabkan leher sakit.

Agustin kemudian mengingatkan karena penggunaan masker masih diperlukan untuk menghentikan penyebaran virus corona, maka masyarakat perlu meluangkan waktu untuk mencari masker yang sesuai.

Sebelumnya, Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit di AS (CDC) telah menyarankan bahwa masker yang pas tidak akan memiliki celah di sisi wajah atau hidung, dan akan memiliki loop telinga yang memungkinkan masker untuk duduk dengan nyaman di dekat wajah.

Artikel Lainnya