Jangan Salah Pilih, Ini Daftar Mobil Paling Amana di Indonesia Versi ASEAN NCAP

Nyedulur
  • 3 bulan yang lalu
  • arief

Sumber Foto: Tangkapan Layar.

Keselamatan trasportasi masih belum bisa menghindari kecelakaan. Terlebih transportasi darat masih sering dijumpai kecelakaan setiap tahunnya.

Tak jarang nyawa melayang akibat kecelakaan. Faktornya macam-macam. Bisa disebabkan pengemudi, juga bisa fakor mobil itu sendiri.

Itu sebabnya, produsen mobil kini berlomba-lomba meningkatkan keselamatan dan kenyamanaan berkendara. Hal tersebut sangat penting sebagai salah satu komponen menggaet pelanggan.

Maka itu, seluruh mobil yang dijual wajib melakukan uji kelayakan atau uji tabrakan. Untuk mengujinya bisa melibatkan pihak ketiga.

Hasil pengujian itu sejatinya diumumkan dalam laman pihak penguji, yakni ASEAN NCAP, atau New Car Assessment Program for Southeast Asian Countries.

Dilansir dari Good News From Indonesia, pengujian mobil yang dilakukan ASEAN NCAP, meliputi kemampuan untuk melindungi penumpang dewasa (adult accupant) dengan poin tertinggi 36.

Kemudian melindungi penumpang anak–anak (child accupant) dengan skor tertinggi 49 poin, dan tentunya soal fitur keselamatan pada mobil (safety assist) dengan skor tertinggi 18 poin.

Lalu mobil apa yang paling aman dikendarai di Indonesia sesuai hasil pengujian dari ASEAN NCAP?

Berdasarkan rilis ASEAN NCAP 2020 lalu menempatkan Toyota Corolla Cross dengan skor pengujian 88,61. Skor itu menempatkan mobil ini meraih rate 5 bintang. Secara umum, mobil ini masuk dalam segmen SUV dengan kapasitas enam penumpang.

Mobil lain yang mendapatkan rating 5 bintang pada pengujian ASEAN NCAP adalah Isuzu MU-X. Mobil dari segmen SUV ini berjaya pada pengujian tingkat keamanan dengan berbagai fitur dan kemampuan yang dapat memberikan perlindungan. Total skor yang diperoleh Isuzu MU-X pun mencapai 86,81.

Pada kategori Small Family Car, Honda City masuk dalam segmen mobil sedan dengan skor 86,54 (5 bintang). Secara umum, sedan yang hadir di Indonesia dalam satu varian ini (E-CVT) dilego sekira Rp352 juta.

Honda City menggunakan mesin dengan kode L15Z1 berkapasitas 1.497 cc yang menggunakan transmisi Automatic CVT Earth Dreams Technology.

Masih ada kategori mobil MPV sejuta umat yang masuk dalam daftar ini. Intip ya.

Artikel Lainnya