nyedulur.com

Jangan Salah, Maag dan Asam Lambung Itu Beda, Ketahui Gejalanya

Nyedulur
  • 24 hari yang lalu
  • arief

Sumber Foto: IST.

Gejala asam lambung dan maag sering mengganggu. Dua masalah kesehatan ini menyebabkan sulit makan. Kerap tidak enak makan. Tapi pada dasarnya dua gangguan kesehatan di perut ini banyak tidak mengerti.

Memang asam lambung dan maag memiliki gejala yang hampir sama. Namun kemudian masyarakat kerap menganggap sama dua masalah itu. Padahal gejala dan gangguannya jelas berbeda.

Jika penyakit asam lambung dipengaruhi oleh kondisi ketika asam yang diproduksi oleh lambung naik ke kerongkongan. Dampaknya dada terasa nyeri.

Sementara maag disebabkan ketika volume lendir tebal melindungi lambung mengalami penurunan. Akibatnya menyebabkan gangguan asam pencernaan.

Nah untuk mengetahu perbedaan maag dan asam lambung lebih lanjut bisa diketahui di informasi yang sudah dikutip dari Detik.

Gejala maag meliputi adanya sensasi rasa terbakar. Utamanya pada area usus atau area antara pusar dan tulang dada. Umumya rasa nggak enak muncul saat makan dan malam hari.

Maag bisa menyebabkan kembung dan bersendawa, terasa mual dan muntah, hingga perut terasa nyeri dan tidak nyaman. Masalah tersebut biasanya dirasakan dua hingga tiga jam.

Sekarang asam lambung. Bisa dikenali lewat perut terasa kembung dan sering bersendawa, mengalami cegukan terus menerus dan sesak napas atau mengi. Bisanya terjadi saat tidur.

Adanya mulas yang meningkat sebagai respons terhadap makanan bisa jadi pemicunya. Kadang muncul rasa asam di belakang mulut dan bau napas tidak sedap, serta gejala memburuk saat berbaring atau membungkuk.

Penyebab maag yang dilansir dalam Mayo Clinic, maag atau peradangan pada lapisan lambung ini disebabkan karena cairan pencernaan Anda merusak dan mengorbankan lapisan perut.

Penyebab lain dari maag adalah infeksi bakteri gastrointestinal seperti bakteri helicobacter pylori. Infeksi ini biasanya ditularkan dari orang ke orang. Namun penularannya dapat juga terjadi melalui makanan atau air yang sudah terkontaminasi.

Artikel Lainnya