Jangan Remehkan Menangis, Manfaat untuk Kesehatan Cukup Besar, Nggak Percaya? Simak Penjelasannya

Nyedulur
  • sebulan yang lalu
  • arief

Menangis bisa disebabkan karena merasa sakit secara fisik dan jiwa. Sakit hati karena ditinggal nikah lagi, ditinggal meninggal atau alasan lain.

Pada dasarnya menangis bukan sekadar ekspresi perasaan semata. Bukan pula baper. Jangan pula dianggap tidak gentle, tidak jantan dan kekakan-kanakan.

Jangan meremehkan menangis. Menangis itu memiliki manfaat bagi kesehatan. Dilansir dari Kompas, menangis adalah respons alami dari manusia terhadap berbagai emosi, baik kesedihan yang mendalam, hingga kebahagiaan yang ekstrem.

Menangis juga dinilai memiliki manfaat bagi kesehatan. Manfaat medis menangis sudah dikenal sejak zaman dahulu.

Para ahli dan tabib di Yunani dan Roma kuno berpendapat, air mata bekerja seperti obat pencahar yang berfungsi mengeringkan dan menyucikan manusia.

Ahli psikologi saat ini sebagian besar setuju dan menekankan peran menangis sebagai mekanisme yang memungkinkan kita melepaskan stres dan rasa sakit emosional.

Menangis adalah katup pengaman yang penting, karena memendam perasaan di dalam hati atau disebut koping represif bisa berdampak buruk bagi kesehatan.

Sebuah studi mengaitkan koping represif dengan sistem kekebalan yang kurang tangguh, penyakit kardiovaskular, dan hipertensi.

Repressive coping juga memengaruhi kondisi kesehatan mental seseorang, termasuk stres, kecemasan, dan depresi.

Menangis terbukti meningkatkan perilaku keterikatan, mendorong kedekatan, empati, dan dukungan dari teman dan keluarga.

Jenis air mata berbeda-beda Ilmuwan membagi air mata atau tangisan menjadi tiga kategori berbeda, yakni air mata refleks, air mata terus-menerus (continuous tears), dan air mata emosional.

Dua kategori air mata yang disebutkan di awal berfungsi penting untuk menghilangkan kotoran seperti asap dan debu dari mata kita, serta melumasi mata kita guna membantu melindungi mata dari infeksi.

Kategori ketiga atau air mata emosional berfungsi mengeluarkan hormon stres dan racun lain dari sistem tubuh, berpotensi memberikan manfaat kesehatan yang besar.

Para peneliti menetapkan bahwa menangis membantu melepaskan oksitosin dan opioid endogen, yang juga dikenal sebagai endorfin.

Artikel Lainnya