Jangan Ragu ASI Keluar Sedikit, Bukan Bentuk Payudaranya, Ini Penjelasannya

Nyedulur
  • 5 bulan yang lalu
  • arief

Sumber Foto: Alo Dokter

Setiap orang tua ingin memberikan yang terbaik untuk anaknya agar tumbuh optimal. Khusus bagi ibu yang masih menyusui, tentu ingin memberikan ASI yang optimal untuk sang buah hati.

Namun, terkadang muncul rasa khawatir dan cemas. Masalahnya ASI yang keluar sedikit. Dampaknya bayi masih merasa lapar, karena asupannya kurang cukup.

Itulah sebabnya banyak ibu menyusui masih memberi makanan tambahan. Pisang misalnya. Terkadang juga makanan olahan khusus bayi. Padahal, jika bayi belum berusia enam bulan, wajib diberikan ASI.

Nah, disini dijelaskan bukan tanda ASI yang kurang. Masalah ini bisa disebabkan ASI sudah mencukupi, tapi kadang lambat keluarnya.

Jika ada yang bilang ASI-nya kurang karena payudara kecil atau puting datar, itu salah ya, Moms. Karena ukuran dan bentuk payudara tidak berpengaruh terhadap produksi ASI.

Ada pula pendapat ASI kurang karena payudaranya kendur. Itu juga salah. Sebaliknya, payudara yang kendur membuktikan bahwa ASI yang keluar lancar dan diminum dengan baik oleh si kecil.

Biasanya di awal menyusui, ASI yang keluar akan cepat. Bahkan sampai muncrat ke mana-mana. Selain hal tersebut, ada beberapa hal yang perlu diketahui di video berikut.

 

Artikel Lainnya