nyedulur.com

Jangan Pelit Jadi Bahagia, Ini Cara Sederhana untuk Apresiasi Diri

Nyedulur
  • 2 bulan yang lalu
  • arief

Sumber Foto: IST.

Meraih kesuksesan kerap dibarengi pujian. Bisa dari keluarga dekat, orang terkasih, hingga sahabat. Bisa juga dari tetangga maupun masyarakat luas.

Kadang kesuksesan tidak berjalan sesuai ekspetasi. Malahan berujung kekecewaan. Bisa saja terjadi kegagalan di tengah jalan. Itu hal yang kerap terjadi.

Bisa jadi Anda mengganggap apresiasi itu datangnya dari orang lain. Sebetulnya tidak sseratus persen benar. Anda gak harus menunggu pujian atau penghargaan dari orang lain, kok.

Sebetulnya Anda bisa mengapresisasi diri. Gak harus mewah. Yang penting bisa lebih percaya diri dan mampu menghargai diri sendiri, sebagaimana dirangkum dari IDN Times.

Setiap manusia nggak ada yang luput dari kesalahan, bukan? Kesalahan merupakan hal yang pastinya pernah dialami manusia, disengaja maupun tidak.

Apapun bentuk kesalahan di masa lalu, bukan berarti hal itu membuatmu gak bisa jadi orang yang lebih baik di masa depan.

Rasa menyesal pasti ada. Tapi jangan sampai berlarut-larut, ya. Itu bisa membuatmu jadi gak berkembang. Sederhananya, belajar memaafkan kesalahanmu di masa lalu. Sikap itu termasuk salah satu cara untuk mengapresiasi diri, lho!

Anda hanya perlu merenungi kesalahan tersebut dan berusaha agar tidak mengulanginya. Ada sebuah ungkapan yang menyebutkan bahwa guru terbaik adalah pengalaman.

Istirahat menjadi hal wajib untuk menjaga kesehatan agar kembali fit. Nyatanya semakin dewasa, Anda merasa bahwa waktu istirahat semakin menipis. Bahkan kesibukan juga sering membuat lupa untuk meluangkan waktu sendiri alias "me time". Padahal me time sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh dan mental.

Sebetulnya ada cara lain. Semisal jangan lupa merawat diri, traveling ke tempat yang membuat Anda lebih rileks atau memberi reward atas capaian selama ini. Masih banyak lagi yang bisa dijadikan untuk mengapresiasi diri.

Artikel Lainnya