Jangan Main Ponsel di Toilet, Bisa Sebabkan Wasir dan Efek Negatif bagi Kesehatan

Nyedulur
  • 2 bulan yang lalu
  • arief

Sumber Foto: Shutterstock.

Membawa ponsel atau handphone ke toilet ternyata tidak baik gaes. Bukan berarti ponselnya dicemplungkan ke kloset. Bukan begitu maksudnya, bro.

Memegang ponsel memicu membuang waktu. Entah itu melihat linimasa di media sosial, bermain game, atau membalas pesan. Tampak bagus sambil membuang waktu.

Padahal membuang waktu seperti itu sangatlah berlebihan karena tidak terkontrol. Sementara kebiasaan itu berdampak negatif bagi kesehatan. Banyak masalah yang ditimbulkan.

Tapi masih banyak dilakukan orang. Mengutip CNN Indonesia, banyak yang tidak sadar jika kebiasaan itu rentan terhadap penyakit menular dan memiliki beberapa kesehatan serius.

Dari semua tempat di rumah, kamar mandi adalah salah satu tempat paling banyak kuman. Segala sesuatu di kamar mandi, termasuk keran, pengering tangan, atau gagang pintu menampung kuman dan bakteri.

Saat Anda membawa ponsel ke toilet, ponsel juga bersentuhan dengan bakteri feses. Hal ini dapat terjadi jika Anda menyeka, kemudian menekan tombol siram atau kunci pintu, dan terakhir menyentuh ponsel.

Sebuah studi yang diterbitkan dalam Journal Annals of Clinical Microbiology and Antimicrobials mengungkapkan bahwa 95 persen ponsel petugas kesehatan dipenuhi bakteri penyebab infeksi seperti salmonella, E. Coli dan C. Difficile.

Teknologi telah membuat hidup kita sangat mudah. Tetapi juga menjadi alasan untuk kecemasan dan stres. Semakin sering menggunakannya, semakin cenderung merasa stres.

Waktu di kamar mandi adalah waktu luang. Saat membawa ponsel ke sana, Anda mengundang lebih banyak stres dan kecemasan dalam hidup.

Dengan membawa ponsel ke kamar mandi, Anda menempatkan otak dan kesehatan dalam bahaya. Beberapa bahkan mengalami kesulitan buang air besar karena hal ini.

Ada risiko kesehatan lain menggunakan telepon di kamar mandi, wasir. Orang yang membawa ponsel ke toilet, menghabiskan lebih banyak waktu di sana.

Duduk di toilet dalam waktu lama juga bisa menyebabkan masalah wasir. Jongkok terlalu lama membuat anus terlalu tegang, kemudian timbul nyeri, pembengkakan, atau pendarahan di daerah panggul.

Artikel Lainnya