nyedulur.com

Jangan Bikin Malu, Coba Cara Ini untuk Kurangi Kentut

IDN Times
  • 4 bulan yang lalu
  • arief

Kentut adalah anugerah kesehatan. Karena kentut bagian dari proses pencernaan. Tapi sebagian orang, ketut dianggap kurang sopan. Sesuatu yang keluar dari tubuh, baik gas, cair maupun padat, dianggap kurang pantas.

Kentut adalah gas yang dikeluarkan oleh lambung saat tidak mampu mencerna makanan tertentu. Sisa makanan yang tak tercerna akan dipecah bakteri. Sehingga menghasilkan hidrogen, karbon dioksida, dan metana.

Inilah alasan kenapa kadang kentut berbau busuk. Proses keluarnya kentut itulah terkadang menjadi momen memalukan.

Mengutip dari IDN Times, ada beberapa cara menyiasati agar tidak gampang kentut. Cobalah mengunyah makanan dengan mulut tertutup. Cara ini cukup efektif untuk mencegah masuknya angin ke dalam perut.

Begitu juga dengan rokok dan permen karet. Dengan merokok, peluang memasukkan udara ke dalam tubuh cukup besar. Mengunyah permen karet bisa membuat perut kembung dan akhirnya kentut sulit untuk ditahan.

Hindari pula minuman bersoda. Adanya gelembung udara yang ada di dalam minuman bersoda akan terakumulasi di dalam lambung. Gelembung itulah yang memicu gas di lambung.

Jangan lupa berolahraga. Karena dengan berolahraga bisa mereduksi tumpukan gas yang menyebabkan kentut. Satu lagi perbanyak konsumsi asupan yang mengandung probiotik seperti yoghurt. Tips lainnya klik di sini.

Artikel Lainnya