nyedulur.com

Jangan Abaikan Lima Mie Legendaris di Bandung, Dijamun Haujek

Nyedulur
  • 2 bulan yang lalu
  • arief

Sumber Foto: IST.

Kota Kembang merupakan julukan dari Kota Bandung. Selain menyimpan pesona alam yang indah, Ibu Kota Jawa Barat ini juga memiliki berbagai olahan makanan yang memiliki cita rasa yang enak.

Tak hanya itu untuk menemui berbagai olahan makanan yang berbahan dasar mi cukup mudah. Mie yang ada di Bandung merupakan hasil akulturasi budaya lokal dengan Tionghoa.

Sebut saja mi ayam, mi kocok, hingga mi yamin. Nama terakhir kian popular lantaran dinikmati Dilan dan Milea dalam film Milea: Suara dari Dilan.

Nah, saat jalan-jalan ke Bandung, jangan lupa menjajal lima tempat makan mi yang dari Kompas. Salah satunya adalah Mie Baso Akung. Warung mi populer saat tampil di film Dilan 1990.

Ini merupakan salah satu tempat kuliner legendaris di Kota Kembang yang sudah buka sejak 1970-an. Dahulu, warungnya terletak di Jalan Ambon. Kini warung mi bakso itu berlokasi di Jalan Lodaya No. 123, Buahbatu.

Kedai bakso ini memiliki tiga menu andalan, yakni bakso kuah, mi kuah, dan mi yamin, yang disajikan dengan topping ayam cincang gurih.

Yang tidak kalah popular adalah Mie Naripan. Kedai ini awalnya kecil. Dia nongol di sudut Jalan Naripan, Bandung.

Kedai Mie Naripan berhasil bertahan selama puluhan tahun. Salah satu alasan Mie Naripan bisa bertahan lama adalah minya dibuat menggunakan resep turun-temurun dengan cita rasa yang tetap konsisten sejak 1965.

Olahan mi satu ini pun cukup istimewa karena mi yang digunakan merupakan hasil produksi sendiri. Ciri khas minya ada pada tekstur yang kenyal tapi mudah dikunyah.

Terdapat dua menu favorit di kedai ini, yaitu mi yamin dan mi kuah naripan. Untuk mi yamin, di sini tersedia yamin manis dan asin.

Di Bandung cukup banyak jajaran mie legendaris lainnya. Cobalah buka tautan berikut sebelum terbang ke Kota Kembang.

Artikel Lainnya